Kasih Makan Anjing, Relawan Kemanusiaan Ukraina Tewas Diberondong Peluru Pasukan Rusia

Nusantaratv.com - 09 Maret 2022

Korban perang Rusia-Ukraina. (Net)
Korban perang Rusia-Ukraina. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tiga relawan kemanusiaan Ukraina tewas dibunuh pasukan Rusia. Peristiwa ini terjadi saat mereka berkendara melalui jalanan Bucha, dekat kota Kyiv yang jadi pusat perang Rusia melawan Ukraina, Jumat (4/3/2022).

Mereka diberondong senapan mesin dari kendaraan tempur Rusia sehabis memberikan makan anjing-anjing telantar di kota tersebut. 

Korban ialah Serhiy Ustymenko (25) salah satu pendiri bengkel mobil, Maxym Kuzmenko (28) seorang server hookah, dan Anastasia Yalanska (26) seorang pemimpin perekrutan di perusahaan teknologi informasi (TI). Mengutip Kyiv Independent, mereka ditemukan berada di dalam sebuah mobil SUV.

Tiga pemuda itu baru saja mengantarkan makanan anjing ke tempat penampungan anjing dan sedang dalam perjalanan kembali untuk menjemput orang tua Ustymenko.

Sebuah kendaraan Rusia - saksi mengidentifikasinya sebagai tank atau kendaraan tempur infanteri - menembaki mobil tiga pemuda itu saat hampir mendekati rumah. Terdengar suara yang memekakkan telinga.

Valeriy Ustymenko, ayah dari Serhiy, menyaksikan serangan tersebut. Dia melihat mobil itu terkoyak, dengan putranya di dalamnya.

Saat penembakan berhenti, dia berlari ke mobil tersebut. Tapi, semuanya sudah tewas.

Valeriy menyeret ketiga jenazah itu dan membawanya ke ruang bawah tanahnya. Di mana ia bersembunyi dari tembakan terus-menerus, seperti kebanyakan orang di Bucha.

Tiga hari berlalu, jenazah tiga pemuda tersebut masih berada di bawah tanah dan tidak dapat dikubur karena penembakan terus menerus. Teman dan keluarga mereka tidak bisa mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai.

Valeriy bersama jenazah putranya dan dua temannya masih berada di ruang bawah tanah, bersembunyi dari baku tembak.

Rekan korban mengatakan, tak mungkin orang Rusia tidak tahu bahwa mereka menembaki warga sipil.

"Mobil itu (jelas) sipil," ujar Dmytro Zubkov, teman Maxym Kuzmenko.

"Maxym memakai topi dengan pom pom. Mereka sama sekali tidak terlihat seperti militer," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])