Karena Trauma, Warga Cianjur Mengira Gempa Garut 6,5 M Terjadi di Wilayahnya

Nusantaratv.com - 28 April 2024

Gempa Garut
Gempa Garut

Penulis: Ramses Manurung

 

 

Nusantaratv.com-Gempa bumi berkekuatan 6,5 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Sabtu (27/4/2024) juga dirasakan getarannya oleh warga Cianjur, Jawa Barat. Padahal jarak Cianjur ke pusat gempa di Garut cukup jauh mencapai kurang lebih 127 kilometer. 

Guncangan gempa yang berlangsung beberapa saat membuat warga Cianjur panik, berteriak dan langsung berhamburan keluar rumah untuk menghindari risiko tertimpa reruntuhan bangunan. 

Ketua RT Desa Nagrak, Kabupaten Cianjur, Asriyanti menuturkan ia merasakan guncangan gempa saat akan beranjak ke tempat tidur. Kuatnya guncangan gempa bahkan sampai membuat lemari besar di rumahnya bergoyang. 

“Saya baru mau tidur, anak-anak udah tidur. Tiba-tiba lantai di rumah saya terguncang kuat. Lemari besar saja bergoyang,” tuturnya.

Ia mengatakan warga di sekitar tempat tinggalnya masih trauma dengan gempa. Mereka mengira gempa tersebut terjadi di Cianjur.

“Kami kira di Cianjur, apalagi daerah kita ini jaraknya hanya satu kilometer dari pusat gempa Cianjur, ternyata di Garut,” ungkapnya dikutip dari ayobandungcom.

Diketahui, wilayah Kabupaten Cianjur  diguncang gempa hebat bermagnitudo 5.6 pada 21 November 2023 lalu. Dahsyatnya guncangan tektonik ini mengakibatkan 650 jiwa melayang dan ribuan rumah serta infrastruktur hancur.

Setelah itu gempa susulan dengan kekuatan relatif lebih rendah terus melanda Kabupaten Cianjur. 

Tercatat hingga 5 Februari 2024 lalu gempa kembali mengguncang Kabupaten Cianjur. Menurut informasi BMKG gempa dengan kekuatan 2,9 magnitudo tersebut terjadi sekitar pukul 8.25 WIB.


 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])