KAI Daop 9 Jember Mulai Laksanakan Posko Natal dan Tahun Baru

Nusantaratv.com - 21 Desember 2023

Penumpang KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap sedang menunggu kesempatan untuk menaiki kereta api yang akan di tumpanginya di Stasiun Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (21/12/2023). (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)
Penumpang KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap sedang menunggu kesempatan untuk menaiki kereta api yang akan di tumpanginya di Stasiun Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (21/12/2023). (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember mulai melakukan posko angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan melaksanakan apel gelar pasukan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan seluruh jajaran melaksanakan posko untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan kereta api yang akan melakukan perjalanan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru dengan semangat melayani, maka seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk dihadirkan," katanya.

Guna mendukung komitmen itu, lanjut dia, KAI telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani penumpang secara maksimal yang mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Ia mengatakan KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, dan memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat.

"Serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat sekitar," katanya.

Dari sisi fasilitas, lanjut dia, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan.

"Kebersihan area stasiun, ruang tunggu penumpang, toilet, serta kereta terus dijaga untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang," ujarnya.

Selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 9 Jember menyediakan sebanyak 222.264 tempat duduk yang terdiri dari KA jarak jauh dan lokal.

Berdasarkan pantauan ketersediaan tiket yang sudah dipesan hingga 21 Desember 2023, KAI mencatat penjualan tiket kereta jarak jauh dan lokal mencapai 180.736 tiket atau 81 persen dari total tiket yang tersedia selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])