Joe Biden Konfirmasi Rusia Gunakan Rudal Hipersonik di Ukraina

Nusantaratv.com - 22 Maret 2022

Presiden AS Joe Biden. (Istimewa)
Presiden AS Joe Biden. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (21/3/2022) mengkonfirmasi Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan rudal hipersonik dalam invasi ke Ukraina. 

"Jika Anda perhatikan, Rusia baru saja meluncurkan rudal hipersonik, karena itu satu-satunya hal yang bisa mereka lewati tanpa kepastian mutlak," kata Biden saat berbicara kepada sebuah kelompok yang berkumpul di Business Roundtable CEO Quarterly Meeting, dikutip dari metro.co.uk, Selasa (22/3/2022).

"Ini, seperti yang Anda semua tahu, itu adalah senjata konsekuensial, tetapi dengan hulu ledak yang sama seperti rudal peluncuran lainnya, itu tidak membuat banyak perbedaan, kecuali hampir tidak mungkin untuk menghentikannya. Ada alasan mereka menggunakannya," lanjutnya.

Biden mengklaim kekuatan sekutu mendorong Putin untuk menggunakan rudal hipersonik. "Sekarang punggung Putin menempel di dinding. Dia tidak mengantisipasi sejauh mana atau kekuatan persatuan kita. Dan semakin punggungnya menempel ke dinding, semakin parah taktik yang mungkin dia gunakan," tambahnya.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov pada Minggu (20/3/2022) mengatakan rudal hipersonik Kinzhal menyerang depot bahan bakar Ukraina di Kostiantynivka.

Namun, Pentagon pada Senin (21/3/2022) tidak segera mengkonfirmasi klaim Rusia tersebut. Rudal hipersonik dikatakan melakukan peluncuran sepuluh kali kecepatan suara dan memiliki kemampuan menghindari pertahanan udara.

Biden berbicara ketika Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki menegaskan kembali jika Gedung Putih 'belum menjajaki' opsi kunjungan Biden ke Ukraina. Pada Minggu (20/3/2022), Psaki mengumumkan Biden akan melakukan perjalanan ke Polandia setelah bertemu dengan sekutu NATO dan para pemimpin G7 dan Uni Eropa untuk membahas upaya internasional untuk mendukung Ukraina dan menjatuhkan sanksi yang parah dan belum pernah terjadi sebelumnya pada Rusia untuk invasinya.

Biden akan berpartisipasi dalam KTT NATO pada Kamis (24/3/2022) dan pergi ke Warsawa pada Jumat (25/3/2022) untuk pertemuan bilateral dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. 

"Presiden akan membahas bagaimana Amerika Serikat, bersama Sekutu dan mitra kami, menanggapi krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia yang diciptakan oleh perang Rusia yang tidak dapat dibenarkan dan tidak beralasan terhadap Ukraina," jelas Psaki.

Pada Senin (21/3/2022) pagi, Biden berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi. 

Mereka membahas soal keprihatinan serius mereka tentang taktik brutal Rusia di Ukraina, termasuk serangannya terhadap warga sipil, menurut pernyataan Gedung Putih. Para pemimpin menggarisbawahi dukungan berkelanjutan mereka untuk Ukraina, berjanji untuk terus memberikan bantuan keamanan dan kemanusiaan, dan meninjau upaya diplomatik baru-baru ini dalam mendukung upaya Ukraina untuk mencapai gencatan senjata, menurut pernyataan itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])