Joe Biden: 'Kebrutalan' Vladimir Putin di Ukraina 'Tidak Manusiawi'

Nusantaratv.com - 18 Maret 2022

Presiden AS Joe Biden. (Anadolu Agency)
Presiden AS Joe Biden. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Kamis (17/3/2022) mengatakan 'kebrutalan' Vladimir Putin di Ukraina sebagai tindakan 'tidak manusiawi'.

Sebelumnya, Biden menyebut Putin sebagai penjahat perang, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat (18/3/2022). Berbicara di awal pertemuan virtual dengan Perdana Menteri Irlandia Michael Martin dari Kantor Oval, Biden mengatakan kedua pemimpin 'bertemu pada saat di mana tuntutan persatuan di dunia benar-benar dipercepat'.

"Kebrutalan Putin, dan apa yang dia lakukan, dan apa yang dilakukan pasukannya di Ukraina, tidak manusiawi," kata Biden, merujuk pada serangan militer tiga pekan lalu di ibu kota Ukraina, Kiev.

Biden juga memuji dukungan Irlandia untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia. Pertemuan itu direncanakan secara langsung, namun Martin dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (16/3/2022).

Diketahui, Rusia mulai melancarkan serangannya terhadap Ukraina pada 24 Februari. Hal itu menuai kecaman internasional, menyebabkan sanksi keuangan dan kontrol ekspor di Moskow dan mendorong eksodus perusahaan global dari Rusia.

Setidaknya 780 warga sipil telah tewas dan 1.252 terluka di Ukraina sejak awal perang, menurut PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), yang menekankan jika jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

"Lebih dari 3,2 juta orang juga telah melarikan diri ke negara-negara tetangga," demikian menurut angka PBB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])