Jenderal TNI Ini Jadi Lawan Berat Petahana di Pilbup Kukar

Nusantaratv.com - 02 Maret 2024

Brigjen Dendi Suryadi.
Brigjen Dendi Suryadi.

Penulis: Gabriel Anggur

Nusantaratv.com - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil penelitian survei terkait persepsi masyarakat jelang pemilihan Bupati Kutai Kartanegara 2024. Survei dilakukan untuk mengukur tingkat elektabilitas tokoh-tokoh bakal calon Bupati Kutai Kartanegara (Kukar).

Koordinator LKPI, Togu Lubis mengatakan, berdasarkan temuan LKPI di lapangan, dukungan tertinggi bakal calon Bupati Kutai Kartanegara adalah jatuh pada sosok Dendi Suryadi, mantan Kasdim Kukar. 

Survei dilakukan terhadap 900 responden yang masyarakat Kukar, dengan pertanyaan siapa tokoh yang akan dipilih menjadi bupati, jika pilkada digelar hari ini. 

"Nama Dendi Suryadi mantan Dandim Kukar dan Danrem Samarinda dipilih sebanyak 28,2 persen, kemudian disusul oleh Edy Damansyah sebesar 18,1 persen dan Rendi Solihin 15,6 persen, Abdul Rasid  3,6 persen, Awang Yacoub 2,6 persen," papar Togu kepada wartawan, Sabtu (2/3/2024). 

"Lalu, Seno Aji 1,9 persen, Alif Turiadi 1,7 persen, M. Andi Faisal 1,6 persen, Muhammad Syahrun 1,4 persen, Ali Hamdi 1,1 persen dan yang belum memilih 24,2 persen," imbuhnya. 

Sedangkan pada pertanyaan yang sama namun dilakukan secara tertutup menggunakan kertas kuisioner, nama Dendi Suryadi dipilih sebanyak 33,7 persen. Lalu, disusul oleh Edy Damansyah Bupati Kukar sebesar 22,3 persen dan Rendi Solihin 14,6 persen, Abdul Rasid  4,7 persen, dan Awang Yacoub 2,3 persen. 

"Seno Aji 1,8 persen , Alif Turiadi 1,7 persen, M. Andi Faisal 1,6 persen, Muhammad Syahrun 1,4 persen, dan yang belum memilih 15,9 persen," kata dia. 

Togu Lobis menjelaskan,responden yang digunakan dalam survei ini sebanyak 900 warga Kukar dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Mereka tinggal di 20 kecamatan di Kabupaten Kukar.

Penentuan responden mengunakan metode multistage random sampling dan hasil survei ini memiliki margin of error sebesar kurang lebih 3,2 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan tanggal 19-28 Februari 2024. 

Dalam survei juga diukur tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten Kukar terhadap kinerja Pemkab Kukar, dimana ditemukan sebanyak 60,2 persen masyarakat Kukar menyatakan tidak puas dengan kinerja pemerintah daerah. Lalu, sebanyak 23,4 persen menyatakan puas dan selebihnya 16,4 persen tidak memberikan pendapat.

Menyikapi hasil survei ini, pengamat politik dan Universitas Mulawarman  (UNMUL) Samarinda, Budiman, mengatakan bahwa unggulnya sosok Brigjen TNI Dendi Suyadi sebagai bakal calon Bupati Kukar pada Pilkada 2024, lantaran ia satu-satunya putra daerah. Dendi juga memiliki reputasi pernah menjabat sebagai Kasdim dan Dandim Kukar, serta sekaligus pernah menjabat sebagai Danrem Samarinda.

"Dendi Suryadi juga telah dikenal dan dekat dengan masyarakat Kukar, maka itu yang menjadi salah satu Dendi Suryadi unggul di survei sebagai pilihan masyarakat Kukar," kata dia. 

Dendi, lanjut Budiman, juga telah memperlihatkan kinerja baik sebagai Dandim maupun Danrem bagi masyarakat Kukar. Bahkan, kata dia, masyarakat merasa nyaman dengan kepemimpinannya.

"Bisa saja karena masyarakat ingin pemimpin atau bupati dari kalangan militer yang tegas dan memberikan rasa aman dengan masyarakat, ditambah lagi dengan sosok Dendi lebih memahami karakter sosio kultural masyarakat Kukar," papar dia.

Dia menilai bahwa momentum ini dapat menjadi peluang besar bagi Dendi untuk terpilih sebagai Bupati Kukar jika maju di Pilkada 2024, baik dari jalur independen maupun dari partai.

"Ini modal besar Dendi untuk bisa menang di Pilkada Kukar 2024," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])