Jembatan Baltimore Runtuh Usai Ditabrak Kapal Kargo

Nusantaratv.com - 26 Maret 2024

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat runtuh (Indiatoday)
Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat runtuh (Indiatoday)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat runtuh usai ditabrak kapal kontainer besar pada Selasa pukul 01.30 pagi waktu setempat AS.

Mengutip dari indiatoday Selasa, 26 Maret 2024, Departemen Pemadam Kebakaran Kota Baltimore mengatakan kejadian itu sebagai insiden.

Sebuah video kejadian yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan momen jembatan sepanjang 3 km (1,6 mil) itu runtuh.

Kapal tersebut tampaknya menabrak salah satu penyangga Jembatan Francis Scott Key, menyebabkan jalan raya pecah di beberapa tempat dan tercebur ke dalam air.

Grace Ocean Pte Ltd, pemilik terdaftar kapal tersebut dan manajernya, Synergy Marine Group, mengatakan kapal kontainer berbendera Singapura 'Dali' bertabrakan dengan pilar Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland.

“Sementara penyebab pasti insiden itu belum ditentukan, ‘Dali’ kini telah mengerahkan layanan tanggap ke yang berwenang,” katanya.

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Amerika Serikat runtuh (Indiatoday)

Ia kemudian menambahkan bahwa semua awak kapal, termasuk dua pilot yang berada di pesawat tersebut telah dilaporkan dan tidak ada laporan adanya korban luka.

Sementara itu, pihak lalu lintas setempat menyatakan seluruh jalur di kedua arah ditutup sementara waktu untuk lalu lintas.

"Semua jalur ditutup kedua arah karena insiden di I-695 Key Bridge. Lalu lintas diputar," ungkap Otoritas Transportasi Maryland.

Kemudian Gubernur Maryland Wes Moore juga mengumumkan keadaan darurat setelah runtuhnya jembatan tersebut.

Jembatan yang dibuka pada tahun 1977 ini membentang di Sungai Patapsco, arteri penting bersama dengan Pelabuhan Baltimore, menjadi pusat pelayaran di Pantai Timur. 

Sementara pemberian nama dari jempatan tersebut diambil dari penulis “The Star-Spangled Banner.” 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])