Jelang Lebaran Buruh Tetap Demo Peringati May Day, Polda Metro: Tidak Banyak yang akan Turun

Nusantaratv.com - 30 April 2022

Ilustrasi demo buruh/ist
Ilustrasi demo buruh/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Meski sudah sangat dekat dengan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, namun para buruh dikabarkan bakal tetap menggelar demo memperingati May Day pada Minggu 1 Mei 2022 besok. 

Polda Metro Jaya menyebut telah menerima pemberitahuan rencana demo buruh besok. Polda Metro Jaya menyiapkan personel untuk mengamankan rencana unjuk rasa tersebut.

"Untuk besok kami menyiagakan pengamanan tetapi pemberitahuan kepada kita memang tidak banyak elemen yang menyatakan akan turun," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Zulpan, massa yang akan turun aksi May Day ini tidak banyak mengingat sebagian besar melakukan mudik Lebaran.

"Ini juga terkait situasi saat ini kan kita dalam menghadapi Lebaran, apalagi sebagian warga kita melaksanakan mudik Lebaran," ujarnya.

Zulpan mengaku sudah menerima surat pemberitahuan demo besok. Namun, menurutnya untuk yang melakukan demo May Day besok tidak banyak.

"Ada tidak banyak sih hanya 50 orang," ucapnya.

Baca juga: Cegah Penyusup Demo Buruh-Mahasiswa, Polisi Cegat Truk di Perbatasan

Zulpan mengimbau kepada semua masyarakat untuk menghormati Ramadan ini. Menurutnya, menyampaikan aspirasi pendapat itu diperbolehkan tetapi alangkah baiknya melihat situasi saat ini menjelang lebaran dan juga situasi arus mudik alangkah baiknya kegiatan ini dicarikan di waktu yang tepat.

"Tetapi PMJ siap untuk mengamankan kegiatan tersebut," pungkasnya, mengutip detikcom.

Sementara itu, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dikabarkan telah menginstruksikan kepada seluruh anggotanya agar peringatan May Day atau Hari Buruh yang biasanya diselenggarakan pada 1 Mei akan digeser ke 12 Mei.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengatakan, hal ini dilakukan lantaran kemungkinan malam takbiran jatuh pada 1 Mei bertepatan dengan perayaan Hari Buruh Internasional.

"May Day tahun ini akan digeser, karena kemungkinan bertepatan dengan malam takbiran. Jadi, kami minta seluruh anggota KSPSI merayakannya dengan doa bersama ditempat masing-masing," katanya, Kamis (28/4/2022).

Andi Gani memastikan perayaan May Day tetap akan dilakukan Kamis (12/5). Rencanannya akan ada aksi massa 4-5 ribu buruh yang dipusatkan di Patung Kuda dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain di Patung Kuda Jakarta, aksi serupa juga akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])