Jangan Sampai Kelewatan! Hari Ini Pembalap MotoGP Konvoi di Jakarta

Nusantaratv.com - 16 Maret 2022

Pembalap MotoGP. (Net)
Pembalap MotoGP. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Hari ini, Rabu (16/3/2022) digelar parade pembalap MotoGP di Jakarta. Para pembalap MotoGP menjalani parade terlebih dahulu di Jakarta sebelum berlaga di Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda menjelaskan, sebanyak 20 pembalap yang terdiri atas rider MotoGP, Moto2, dan Moto3 akan menjalani parade.

Parade pembalap MotoGP akan dimulai dengan agenda para pembalap sowan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah sarapan bersama dan berbincang-bincang, para pembalap akan dilepas secara resmi oleh Jokowi untuk memulai parade MotoGP.

Rute parade pembalap MotoGP di Jakarta yakni start dari Istana Merdeka menuju Hotel Kempinski yang berlokasi di area Bundaran Hotel Indonesia, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat.

Rencananya parade MotoGP tersebut akan berlangsung selama satu jam.

"Hingga akhirnya pada jam 10.00 para pembalap akan dilepas secara resmi oleh presiden sekaligus mengucapkan selamat bertanding di Mandalika," kata Wanda dalam keterangan tertulis, Selasa (15/3/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo menerangkan rangkaian 20 pembalap yang akan berparade juga akan ditemani 60 pemotor lain.

"Rencana besok akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 pemotor 20 dari tim MotoGP, dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia, dari Yamaha Ducati dan sebagainya sehingga kurang lebih total 80 yang mengikuti parade tersebut dari Istana sampai hotel Kempinski," kata Sambodo.

Sementara, perihal pengamanan jalur parade pihak kepolisian bakal melakukan penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas pada saat penyelenggaraan parade 20 pembalap MotoGP tersebut.

Penutupan jalan dilakukan dari arah Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski, Jakarta Pusat. Penutupan dilakukan sementara waktu selama pelaksanaan parade pembalap MotoGP yakni mulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

"Polda Metro Jaya akan melakukan pengamanan jalur dari Istana Negara pada saat rombongan melintas. Terutama dari arah utara ke selatan," ujarnya dalam konferensi pers.

Selain itu, Sambodo melanjutkan, pihaknya juga akan membuat pagar betis di sepanjang rute parade pembalap MotoGP di Jakarta bagi masyarakat yang ingin menonton guna memastikan area parade tetap steril.

"Sebagai tuan rumah mari kita laksanakan kegiatan ini dengan baik, kita tunjukkan bahwa Jakarta dan Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan MotoGP," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])