Jangan Bingung! Begini Cara Merubah dan Membatalkan Tiket Kereta untuk Mudik

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Pemudik di stasiun kereta api/ist
Pemudik di stasiun kereta api/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kabar baik buat masyarakat yang telah membeli tiket kereta api untuk mudik namun ingin merubah jadwal atau membatalkan pemesanan. Karena 
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberi kesempatan bagi pelanggan yang ingin membatalkan atau mengubah (reschedule) jadwal saat mudik lebaran 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pelanggan KAI bisa mengubah atau membatalkan keberangkatan dengan catatan tiket yang diinginkan masih tersedia.

Dijelaskan, penumpang bisa membatalkan tiket di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan kereta api (KA).

Nantinya pelanggan akan mendapatkan pengembalian biaya sebesar 75 persen dengan metode pengembalian bea berupa tunai dan transfer (loket stasiun) atau transfer saja (loket box) paling lambat 30 hari kemudian.

Jika pembatalan dilakukan melalui aplikasi KAI Access paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan KA, maka pengembalian bea sebesar 75 persen ditransfer paling lambat 30 hari kemudian.

Sementara, jika penumpang melakukan perubahan jadwal di loket stasiun dan loket box, maka paling lambat dilakukan 60 menit sebelum keberangkatan KA dan dikenakan bea 25 persen.

Sedangkan, jika dilakukan melalui aplikasi KAI Access paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan KA dan dikenakan bea 25 persen.

"Bila tiket yang baru lebih mahal atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya," kata Joni, Rabu (27/4/2022).

Lalu, bila tiket yang baru lebih murah atau turun kelas pelayanan, maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihnya.

Terpisah, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan KAI sudah menjalankan 28 perjalanan kereta api di stasiun Pasar Senen dengan tempat duduk yang tersedia sebanyak 20.506 hari ini.

Di stasiun Gambir rata-rata ada 35 perjalanan dengan kapasitas sekitar 16.782 tempat duduk setiap hari.

Didiek menerangkan sampai dengan H-5, tiket kereta api) sudah terjual 14.626. Artinya, sudah sekitar 81,4 persen atau yang hari ini 92,6 persen sampai pemberangkatan nanti malam ini shift masih akan kami jual. (Sumber CNNIndonesiacom)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])