Intip Suasana Itikaf di Masjid Istiqlal Jumat Terakhir Ramadan

Nusantaratv.com - 05 April 2024

Masjid Istiqlal (Instagram @masjidistiqlal.official)
Masjid Istiqlal (Instagram @masjidistiqlal.official)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Bulan suci ramadan akan segera berakhir. Di momen tersebut, dimanfaatkan warga untuk berburu pahala 1.000 bulan atau malam lailatul qadar.

Seperti di Masjid Istiqlal, Jakarta tampak dipenuhi jemaah yang melaksanakan itikaf Jumat, 5 April 2024. 

Hal tersebut terlihat dari postingan akun Instagram @info_jakartapusat, tampak jemaah memadati ruangan dalam masjid. 

“Jumat terakhir di Bulan Ramadan tahun ini Masjid Istiqlal dipadati Jamaah yang sedang ber-iktikaf. Semoga selalu mendapat keberkahan dan memperoleh kenikmatan Lailatul Qadar,” tulis caption pada postingan tersebut, dikutip Jumat, 5 April 2024. 

Sekedar informasi tambahan, melakukan itikaf merupakan aktivitas sunnah yang sangat dianjurkan, bisa dilakukan kapan saja, tetapi lebih disarankan pada sepuluh hari terakhir Ramadan.

Pasalnya, di 10 hari terakhir ramadan di salah satunya ada malam lailatul qadar. Setiap umat muslim tentu ingin memperoleh keberkahan dan indahnya malam lailatul qadar tersebut. Tetapi Allah SWT tidak memberi tahu kapan tepatnya malam itu terjadi.

Mengtip dari berbagai sumber, itikaf merupakan kata yang berasal dari ‘akafa–ya’kifu–ukufan'. Kemudian saat dihubungkan dengan "an al-amr", menjadi "akafahu an al-amr" yang berarti mencegah. 

Sementara kalau dihubungkan dengan kata "'ala", jadi "akafa ‘ala al-amr" yang memiliki arti menetapi. 

Dalam perkembangannya, kata tersebut berubah menjadi i’takafa-ya’takifu-itikafan, yang mengindikasikan arti tetap tinggal di suatu tempat. 

Dengan demikian, kalimat dari I’takafa fi al-masjid mempunyai makna “tetap tinggal atau diam di masjid”.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])