Ini Sosok Pegawai Kementan yang Mutasinya Dibantu Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Nusantaratv.com - 26 April 2024

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (Antara)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membantu memindahkan pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) berinisial ADM ke Malang, Jawa Timur. Hal ini diungkap Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Albertina Ho. 

Karenanya, Dewas KPK menegaskan memiliki cukup bukti untuk membawa perkara tersebut ke persidangan etik.

"Itu meminta untuk memindahkan salah seorang pegawai dari Kementerian Pertanian di pusat ini ke Jawa Timur, ke Malang," ujar Albertina di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2024).

Albertina mengungkapkan, ada komunikasi Ghufron dengan pejabat Kementan guna mewujudkan keinginan pimpinan KPK tersebut. Dewas KPK pun sudah mengklarifikasi setidaknya 10 orang termasuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), terkait hal ini. 

"SYL juga ada kita klarifikasi, kan kita kumpul bukti-bukti. Nanti di sidang kan siapa saja akan diperiksa, tergantung majelis," ucapnya. 

"Mengenai memperdagangkan pengaruh atau bagaimana, itu mungkin nanti akan kita lihat setelah di sidang. Ini kan sekarang namanya dugaan," sambungnya. 

Sidang kode etik terhadap Ghufron rencananya digelar Dewas KPK pada Kamis, 2 Mei 2024. 

Sementara Ghufron mengatakan penanganan laporan masyarakat terhadap dirinya sudah kedaluwarsa. Sehingga, tidak bisa lagi diproses oleh Dewas KPK. Ia juga sudah menggugat Dewas ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])