Hindari AS Shutdown, Biden Segera Tanda Tangani RUU Pendanaan

Nusantaratv.com - 20 Maret 2024

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Foto: Reuters)
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan pihkanya mendukung Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendanaan guna menghindari penutupan pemerintah (government shutdown) menjelang akhir pekan.

"DPR dan Senat kini sedang berupaya menyelesaikan sebuah paket yang dapat segera diajukan, dan saya akan segera menandatanganinya," kata Biden dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu (20/3/2024).

Pernyataannya ini muncul setelah para perunding, termasuk anggota DPR dari Partai Republik dan pemerintahan Biden, mencapai kesepakatan belanja Keamanan Dalam Negeri tahun fiskal 2024 pada Senin (18/3/2024) malam waktu setempat.

Ketua DPR AS, Mike Johnson mengatakan, kesepakatan telah dicapai untuk alokasi Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS), yang akan memungkinkan penyelesaian proses alokasi tahun fiskal 2024.

"Komite DPR dan Senat telah mulai menyusun teks RUU untuk dipersiapkan dan dirilis serta dipertimbangkan oleh seluruh DPR dan Senat sesegera mungkin," tulis Johnson di akun X (Twitter).

Dia menyebutkan, naskah paket enam RUU tersebut, yang akan mendanai Departemen Pertahanan, tenaga kerja, kesehatan dan layanan kemanusiaan, negara bagian dan prioritas lainnya, harus diselesaikan sebelum DPR melakukan pemungutan suara atas RUU itu.

Sementara pemimpin mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan komite alokasi Senat dan DPR sedang menyelesaikan naskah dan laporan agar Kongres dapat mempertimbangkannya sesegera mungkin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])