Hasil Seleksi SNBP 2024 akan Diumumkan Besok, Ini Link untuk Mengecek

Nusantaratv.com - 25 Maret 2024

Peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024/ist
Peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 akan diumumkan besok, Selasa 26 Maret 2024 pada pukul 15.00 WIB. 

Bagi 702.312 siswa pendaftar SNBP 2024 yang ingin mengetahui apakah lulus atau tidak, dapat mengecek 
melalui Portal Pengumuman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kemendikbud yang beralamat di http://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Jika Portal SNPMB eror karena ramai pengunjung, siswa juga bisa melakukan cek hasil dari situs mirror yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN).

Berikut cara cek hasil pengumuman SNBP 2024 melalui Portal SNPMB:

1. Buka Portal SNPMB https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
2. Klik sidebar lalu pilih menu "SNBP" hingga muncul pilihan Informasi Umum, Kuota Sekolah, Viewer Monitoring PDSS, PTN SNBP, dan Pengumuman SNBP
3. Klik "Pengumuman SNBP"
4. Peserta didik bisa memilih melihat pengumuman di laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau 40 PTN Mirror yang tersedia
5. Isi nomor pendaftaran SNBP dan tanggal lahir peserta
6. Klik 'Lihat Hasil Seleksi'
7. Status kelulusan akan langsung diberikan pada siswa, jika kamu mendapat header biru artinya lulus dan merah untuk yang tidak lulus
8. Jika lulus, peserta SNBP harus melakukan daftar ulang di PTN penerima untuk memastikan statusnya sebagai mahasiswa baru.

Penting untuk diketahui, peraturan SNBP 2024 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan lebih ketat. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi diharapkan untuk melakukan proses daftar ulang dan tidak bisa mengikuti seleksi UTBK-SNBT 2024 ataupun seleksi mandiri PTN manapun.

Daftar Ulang

Peserta yang lolos seleksi SNBP diminta segera melakukan daftar ulang sesuai dengan ketentuan kampus masing-masing. Pasalnya, jika tidak daftar ulang, peserta bisa kehilangan kursi PTN yang telah didapatkan.

"Kalau tidak mendaftar ulang, kesempatan memasuki SNBT ataupun jalur mandiri itu menjadi tertutup," kata Ketua I Tim Penanggung Jawab SNPMB 2024 Rina Indiastuti, Minggu (24/3/2024).

Sedangkan bagi peserta yang belum lolos seleksi SNBP, Rina mengimbau untuk tak putus asa. Sebab, masih ada tahap selanjutnya. Yakni, seleksi nasional berbasis tes (SNBT) dan seleksi mandiri. 

Pendaftaran SNBT telah dibuka pada 21 Maret 2024. Rencananya, pendaftaran berlangsung hingga 5 April 2024. Merujuk data resmi dalam unggahan resmi SNPMB, tercatat sudah ada 31.904 peserta yang mendaftar SNBT 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])