Hasil Analisis BMKG terkait Gempa M5,9 Guncang Tanimbar Maluku

Nusantaratv.com - 24 Januari 2024

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Wilayah Tanimbar, Pantai Timur Maluku Tengah, Maluku diguncang gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 08.29.46 WIB.

Berdasarkan hasil analisis, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivasi deformasi batuan dalam Lempeng Banda. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,22° LS ; 130,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku pada kedalaman 132 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser-naik ( oblique thrust-fault )," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Baca juga: Beberapa Orang Luka, Rumah Runtuh Akibat Gempa M7,1 di Uighur Xinjiang

Gempabumi ini dirasakan di Kaimana dan Saumlaki dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Daryono.

Hingga pukul 08.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Serta memastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum masyarakat kembali ke dalam rumah masing-masing. 

 

 

  

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])