Gempa Taiwan, Lebih dari 611 Orang Terjebak di Pegunungan Tianxiang

Nusantaratv.com - 04 April 2024

Tentara berdiri di dekat lokasi runtuhnya bangunan akibat gempa bumi, di Hualien, Taiwan, 3 April. (Foto: Walid Berrazeg/Reuters)
Tentara berdiri di dekat lokasi runtuhnya bangunan akibat gempa bumi, di Hualien, Taiwan, 3 April. (Foto: Walid Berrazeg/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Setidaknya 611 orang masih terjebak di wilayah pegunungan Tianxiang di Taiwan timur, menurut pusat tanggap darurat yang menangani dampak gempa bumi dahsyat di negara itu.

Dilansir dari kantor berita TASS, Kamis (4/4/2024), sejumlah warga diketahui sedang menginap di sebuah hotel di Taman Nasional Taroko saat gempa terjadi. Longsoran batu akibat gempa menutupi jalan, sehingga mustahil bagi mereka meninggalkan taman nasional tersebut.

Gempa bumi terkuat dalam 25 tahun terakhir melanda Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat. Gempa dengan magnitudo 7,5 yang berpusat di Hualien pada pukul 07:58 waktu setempat, terasa di seluruh pulau. 

Menurut ahli seismologi, pusat gempa berada di lepas pantai timur Taiwan, 25 kilometer tenggara Kota Hualien, dan memiliki kedalaman 15,5 kilometer. Guncangan gempa juga dirasakan di provinsi Fujian dan Jiangxi di China timur.

Berdasarkan data terakhir layanan darurat, gempa tersebut menewaskan sembilan orang dan menyebabkan 1.064 orang luka-luka, serta 42 orang hilang. Sementara 642 orang lainnya menunggu bantuan di daerah yang sulit dijangkau.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])