Gempa Bumi Magnitudo 7,5 Guncang Taiwan, Terkuat dalam 25 Tahun, Picu Peringatan Tsunami

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Sejumlah bangunan roboh akibat gempa bumi magnitudo 7,4 yang mengguncang Taiwan. (Foto: tangkapan layar TVBS)
Sejumlah bangunan roboh akibat gempa bumi magnitudo 7,4 yang mengguncang Taiwan. (Foto: tangkapan layar TVBS)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gempa bumi dengan magnitudo 7,4 mengguncang pantai timur Taiwan.

Gempa yang terjadi pada Rabu (3/4/2024) itu memicu peringatan tsunami di pulau tersebut dan negara-negara tetangganya.

Dilansir dari BBC, menurut Survei Geologi AS, pusat gempa terletak sekitar 18 km selatan kota Hualien Taiwan. Ini adalah gempa bumi terkuat di Taiwan dalam 25 tahun belakangan ini.

Di ibu kota Taipei, video menunjukkan gedung-gedung bergetar hebat, menyebabkan benda-benda beterbangan dari rak dan merobohkan perabotan. Di wilayah Taiwan yang berbukit, video yang diunggah di media sosial menunjukkan gempa bumi telah menyebabkan tanah longsor besar. Tingkat kerusakan di sana masih belum diketahui.

Rekaman di media lokal menunjukkan bangunan tempat tinggal runtuh dan orang-orang dievakuasi dari rumah dan sekolah mereka. Dampak gempa juga menghancurkan kendaraan dan membuat barang-barang di dalam toko terlempar keluar, tampak dari video yang disiarkan oleh TVBS.

Pemadaman listrik dan jaringan internet dilaporkan terjadi di seluruh pulau, menurut kelompok pemantau internet NetBlocks.

Gempa bumi pada Rabu (3/4/2024) terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat (23:58 GMT) pada kedalaman 15,5 km dan telah memicu setidaknya sembilan gempa susulan berkekuatan 4 atau lebih besar.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan gelombang tsunami setinggi 3 meter akan mencapai sebagian besar wilayah di pantai barat daya negara itu. Tak hanya Jepang, Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan tsunami.

Warga diminta tetap waspada terhadap gempa susulan dengan intensitas serupa selama sekitar satu pekan kedepan. Media pemerintah Tiongkok mengatakan getaran dirasakan di beberapa bagian provinsi Fujian di tenggara Tiongkok.

"Gempanya dekat dengan daratan dan dangkal. Gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai. Gempa ini merupakan gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir," kata Direktur Pusat Seismologi Taipei, Wu Chien Fu.

Pada September 1999, gempa dengan magnitudo 7,6 mengguncang Taiwan, menewaskan 2.400 orang dan merusak ribuan bangunan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])