Gelar Penabur International Choir Festival 2024, BPK Penabur Dapat Restu dan Dukungan dari Kemendikbudristek

Nusantaratv.com - 20 April 2024

Para pengurus BPK Penabur Jakarta dan jajaran Panitia berfoto bersama para pemenang BSCF 2024
Para pengurus BPK Penabur Jakarta dan jajaran Panitia berfoto bersama para pemenang BSCF 2024

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Lembaga pendidikan BPK Penabur akan menggelar festival paduan suara internasional bertajuk 'Penabur International Choir Festival' (PICF) 2024 di Gading International Jakarta pada 9-14 September 2024 mendatang. 

Festival paduan suara internasional bergengsi ini akan melombakan 15 kategori yang terdiri dari 4 kategori untuk sekolah dan 11 kategori untuk umum. Diharapkan peserta yang akan berpartisipasi jauh lebih banyak dari event sebelumnya.

Ketua Panitia PICF 2024 Minar Pakpahan mengatakan kegiatan yang digelar dua tahun sekali ini telah mendapat persetujuan atau approval dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain dari Kemendikbudristek, BPK Penabur juga berharap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga berkenan kembali memberikan approval seperti pada 2022 lalu. 

 "Dapat apresiasi dan atensi dari Kemendikbudristek atau kementerian apapun itu sangat penting buat peserta. Jadi ketika di sertifikat PICF ada logo Kemendikbudristek atau kementerian apapun, bisa dipakai oleh peserta untuk mengajukan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Minar Pakpahan usai perhelatan Best Student Choir Festival (BSCF) 2024 di Aula SMAK BPK Penabur Gading Serpong, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (20/4/2024). 

BSCF yang digelar pertama kali pada 2017 adalah  kompetisi paduan suara tingkat BPK Penabur Jakarta guna menyaring peserta terbaik yang akan melaju ke PICF 2024.

"Kami telah mendapat approval dari Kemendikbudristek. Untuk approval dari Kemenparekraf sedang proses. Tahun ini mintanya dua kementerian," ungkap Minar. 

Minar menyebut gelaran PICF 2024 telah mendapat legitimasi dan memenuhi standar internasional. Seluruh juri ditugaskan menjadi penilai merupakan juri-juri internasional. Untuk menyukseskan event ini, BPK Penabur telah menunjuk konduktor ternama Indonesia Avip Priatna sebagai Artistic Director PICF 2024. 

Kepiawaian Avip telah diakui dunia. Avip pernah membawa paduan suara Indonesia menjadi juara lomba paduan suara paling bergengsi di dunia yaitu European Grand Prix.

Pada kesempatan yang sama, Pengurus BPK Penabur Jakarta, Purnomo Sigit mengaku senang dengan peningkatan kualitas yang ditampil seluruh peserta BSCF 2024. 

"Meski ini event perdana setelah pandemi Covid-19 berakhir tetapi seluruh peserta menunjukkan kualitas yang sangat baik. Ini artinya mereka terus berlatih mengasah kemampuan," kata Purnomo. 

Purnomo optimistis 8 paduan suara terbaik BSCF yang lolos ke PICF nantinya dapat meraih hasil terbaik. 

"Target dan harapan kita menggelar PICF yang utama adalah membuktikan bahwa paduan suara Indonesia tidak kalah dari negara lain. Sekaligus memperkenalkan BPK Penabur ke dunia internasional bahwa pendidikan yang kami ajarkan tidak hanya untuk sains tetapi untuk soft skill juga diutamakan, salah satunya dengan paduan suara," ujarnya. 

Purnomo mengatakan BPK Penabur memiliki catatan prestasi yang cukup baik, antara lain pernah merah gelar juara di Singapura, Jerman dan Italia. Pada PICF 2022 lalu seluruh paduan suara yang mewakili BPK Penabur meraih gold. Bahkan ada yang berhasil meraih predikat pemenang kategori (winner category). 

Agustinus Bambang Jusana selaku Artistic Director BSCF 2024 menambahkan secara keseluruh kualitas peserta sangat baik. 

"Mereka punya materi yang baik. Artinya punya modal yang harus diasah melalui latihan intensif. Baik melalui penampilan di konser maupun kompetisi," tutur Bambang.

Guna mengoptimalkan persiapan 8 paduan suara per kategori yang lolos ke PICF 2024, mereka akan menjalani pelatihan pada 8 Juni mendatang.

"Jadi kami khusus mendatangkan juri-juri untuk memberikan arahan dan masukan serta pelatihan kepada 32 paduan suara yang lolos. Karena di PICF nanti banyak sekali paduan suara yang sudah punya jam terbang lomba cukup tinggi," kata Bambang. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])