Gara-gara Pilot Masih Berstatus Latihan, Pesawat Tujuan New York Harus Putar Blaik ke Inggris

Nusantaratv.com - 06 Mei 2022

Pesawat Virgin Atlantic/ist
Pesawat Virgin Atlantic/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pesawat Virgin Atlantic yang telah terbang selama 40 menit terpaksa putar balik kembali ke Inggris. Pasalnya, pilot yang menerbangkan pesawat masih dalam masa pelatihan. Maskapai itu telah meminta maaf kepada semua penumpang atas insiden ini.

Insiden terjadi saat pesawat Airbus Virgin Atlantic sedang dalam perjalanan ke Bandara JFK New York dari London Heathrow. Namun ada masalah dengan pasangan dua pilot, yang salah satunya masih dalam pelatihan.

Pesawat itu telah terbang sekira 40 menit ketika situasi tersebut diketahui, menambah penundaan hampir tiga jam untuk waktu kedatangan yang dijadwalkan.

Meski kedua pilot memiliki lisensi penuh dan memenuhi syarat untuk mengoperasikan pesawat, ditetapkan bahwa kapten 'berpengalaman' tidak memegang status sebagai pelatih yang ditunjuk.

Baca juga: Marak Balon Udara Liar saat Lebaran, Bisa Mengancam Keselamatan Penumpang Pesawat

Pasangan pilot tidak melanggar peraturan apa pun, tetapi karena tidak mematuhi protokol pelatihan internal Virgin Atlantic, diputuskan bahwa pesawat harus kembali untuk perubahan awak, menggantikan 'perwira pertama yang memenuhi syarat' dengan pilot baru.

Penerbangan kemudian tiba di New York, Amerika Serikat (AS) dua jam 40 menit lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan.

"Karena kesalahan rostering, penerbangan VS3 dari London Heathrow ke New York-JFK kembali ke Heathrow pada Senin 2 Mei tak lama setelah lepas landas,” kata Virgin Atlantic, mengutip okezonecom.

Perwira pertama yang memenuhi syarat, yang terbang bersama kapten berpengalaman, diganti dengan pilot baru untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap protokol pelatihan Virgin Atlantic, yang melebihi standar industri. 

Para penumpang di dalam pesawat dikabarkan 'marah' saat mereka mencapai Irlandia dan mengetahui bahwa mereka akan berbalik ke Inggris.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])