Fakta-fakta Gempa Bumi yang Terjadi di Tasikmalaya

Nusantaratv.com - 28 April 2024

Tim Reaksi Cepat BPBD di masing-masing kabupaten dan kota serta provinsi Jawa Barat melakukan monitoring dan memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak gempa yang melanda
Tim Reaksi Cepat BPBD di masing-masing kabupaten dan kota serta provinsi Jawa Barat melakukan monitoring dan memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak gempa yang melanda

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Warga dikejutkan gempa yang menggucang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Sabtu, (27/4/2024) pukul 23.29 WIB.

Sebelumnya sempat dikabarkan gempa yang terjadi berkekuatan 6,5. Namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperbaharui data kekuatan gempa menjadi 6,2 magnitudo.

Gempa yang berpusat di laut dengan kedalaman 70 kilometer dengan titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT tersebut tidak berpotensi tsunami.

Laporan dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusadalops) BNPB mencatat, sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak akibat gempat tersebut. 

Adapun 10 wilayah di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang.

Beberapa rumah yang rusak akibat gempa.

Berikut ini beberapa fakta gempa yang terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat:

Sebab Gempa

Gempa bumi terjadi adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa Barat.

Episentrum Gempa

Lokasi gempa bumi tersebut berada di  laut dengan kedalaman 70 kilometer dengan titik parameter 8,42 LS dan 107,26 BT.

Korban Gempa

Sejauh ini dilaporkan sedikitnya empat orang mengalami luka-luka.  Data hingga Minggu (28/4) pukul 5.45 WIB, tercatat sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) terdampak dari gempa ini. 

Dari jumlah ini warga terdampak paling banyak berada di Kabupaten Garut dengan rincian 3 orang mengalami luka-luka dan 4 KK terdampak. 

Sementara di Kabupaten Tasikmalaya 1 orang mengalami luka-luka dan 8 KK terdampak serta di Kota Tasikmalaya 5 KK terdampak.

Kerusakan

Total rumah yang rusak akibat gempa ini berjumlah 27 unit. Rincian berdasarkan tingkat kerusakannya meliputi 4 unit rumah rusak berat (RB), 11 unit rumah rusak ringan (RS), 5 unit rumah rusak ringan (RR), serta 7 unit rumah terdampak. 

Dari total jumlah tersebut kerusakan sebagian besar berada di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])