Exit Poll: Vladimir Putin Unggul 87 Persen dalam Pilpres Rusia 2024

Nusantaratv.com - 18 Maret 2024

Vladimir Putin unggul 87 persen dalam pemilihan presiden Rusia 2024. (Foto: Reuters)
Vladimir Putin unggul 87 persen dalam pemilihan presiden Rusia 2024. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Vladimir Putin unggul 87 persen dalam pemilihan presiden (Pilpres) Rusia 2024, menurut data exit poll yang diumumkan Pusat Penelitian Opini Publik Rusia.

"Diikuti Nikolai Kharitonov dari Partai Komunis Federasi Rusia (Communist Party of the Russian Federation/CPRF) dengan 4,6 persen suara," kata Pusat Penelitian Opini Publik Rusia, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Senin (18/3/2024).

Sementara itu, Vladislav Davankov dari partai Rakyat Baru (New People Party/NPP) memperoleh 4,2 persen suara. Sedangkan Leonid Slutsky, pemimpin Partai Demokrat Liberal Rusia (Liberal Democratic Party of Russia/LDPR) mendapatkan 3 persen suara.

Ada pun sekitar 1,2 persen surat suara tidak sah. Diketahui, Pusat Penelitian Opini Publik Rusia merupakan lembaga pemungutan suara milik negara. Pemilihan umum (Pemilu) dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) dan melalui sarana elektronik jarak jauh.

Di mana pemungutan suara jarak jauh ini berlangsung di 29 wilayah, termasuk Moskow. Pemilu tersebut disaksikan oleh 1.115 pengamat dan pakar internasional dari 129 negara.

Presiden yang baru terpilih akan menjabat selama enam tahun. Putin, yang diproyeksikan menang berdasarkan hasil awal, akan mengambil sumpah jabatan setelah hasil resmi diumumkan.

Dengan demikian, dia menjabat sebagai presiden Rusia untuk kelima kalinya. Putin sendiri telah menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2012. Dia sebelumnya menjadi Perdana Menteri (PM) dari 1999 sampai 2000.

Kemudian menjadi Presiden dari 2000 sampai 2008, serta kembali menjadi Perdana Menteri dari 2008 sampai 2012. Pada masa jabatan keduanya sebagai Perdana Menteri, Putin menjadi Ketua Partai Rusia Bersatu, sebuah partai pemerintah.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])