Duh! WHO Sebut Omicron Varian Baru Ditemukan di 5 Negara Afrika

Nusantaratv.com - 04 Februari 2022

Ilustrasi Omicron. (The Kathmandu Post)
Ilustrasi Omicron. (The Kathmandu Post)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Omicron sub-varian BA.2 ditemukan di lima negara Afrika. Hal itu dikatakan ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Nicksy Gumede-Moeletsi pada Kamis (3/2/2022).

Dia mengaku khawatir mengenai penemuan tersebut karena sampel-sampel BA.2 kemungkinan tidak terlihat sebagai suatu bentuk Omicron. Diungkapkan Gumede-Moeletsi, BA.2 telah dilaporkan muncul di lima negara Afrika, yakni Botswana, Kenya, Malawi, Senegal dan Afrika Selatan (Afsel).

"Kami sangat khawatir," ujar Gumede-Moeletsi, seperti dikutip dari The Daily Star, Jumat (4/2/2022).

Dia menambahkan BA.2 saat ini terbukti sulit diidentifikasi karena tidak selalu terdata dalam kriteria Kegagalan Target S-Gene, yang biasanya digunakan untuk membedakan Omicron yang asli dari varian-varian lainnya.

Gumede-Moeletsi juga mengatakan WHO sedang bekerja sama dengan kalangan laboratorium. WHO juga telah meminta kalangan laboratorium tersebut agar meneruskan sampel-sampel yang tidak terdeteksi sebagai Omicron untuk diteliti lebih lanjut, supaya mendapatkan gambaran yang lebih akurat terkait penyebaran BA.2.

Omicron versi BA.1 agak lebih mudah dilacak daripada varian-varian sebelumnya. Itu karena BA.1 kehilangan salah satu dari tiga gen target dalam pengujian PCR pada umumnya. Sedangkan BA.2, yang terkadang dikenal sebagai sub-varian 'siluman', tidak memiliki gen target yang hilang seperti varian asli Omicron.

Para pakar mengatakan serupa seperti varian-varian lainnya, mereka yang terinfeksi BA.2 bisa terdeteksi melalui alat uji mandiri virus corona, kendala alat itu bisa menunjukkan varian mana yang menjadi penyebab infeksi. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])