Duh! Pacar Putin Bakal Ikut Dijatuhi Sanksi, Imbas Invasi Militer Rusia ke Ukraina

Nusantaratv.com - 07 Mei 2022

Vladimir Putin dan pacaranya Alina Kabaeva/ist
Vladimir Putin dan pacaranya Alina Kabaeva/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tak hanya Rusia dan Vladimir Putin yang harus menanggung konsekuensi akibat invasi militer ke Ukraina. Bahkan pacar Putin, Alina Kabaeva juga masuk dalam daftar orang yang diusulkan akan mendapatkan sanksi Uni Eropa (UE).

Kabar tersebut dilansir dari dua sumber diplomatik Eropa. 

Namun, dokumen itu diketahui belum secara resmi ditandatangani pemerintah UE. Komisi UE mengatakan daftar nama itu bisa saja berubah sesuai kebijakan negara.

"Diskusi sedang berlangsung. Ini bukan hal yang mudah, tetapi kita harus menunggu dan melihat," kata salah satu sumber diplomatik, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: Putin Makin Tertekan, Uni Eropa Larang Impor Minyak Rusia

Seperti diketahui, terkait rencana menjatuhkan sanksi kepada Alina Kabaeva sempat diperdebatkan oleh para pejabat AS pada April lalu. Dikhawatirkan langkah tersebut dapat meningkatkan ketegangan lebih lanjut karena itu bisa menjadi pukulan pribadi yang ekstrem bagi Putin.

Alina Kabaeva sendiri sudah cukup lama mengenal Putin. Mereka bertemu pertama kali 10 tahun yang lalu. Saat itu Kabaeva adalah seorang pesenam peraih medali untuk senam ritmik di Olimpiade Athena pada tahun 2004. Namun, Putin yang telah bercerai dengan istrinya telah membantah menjalin hubungan dengannya, mengutip detikcom.

Terkait perang Rusia ke Ukraina, Kabaeva kabarnya pernah membuat pernyataan publik untuk mendukung militer Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina. Terbaru, dia menyerukan warga Rusia untuk perang tersebut.

Pejabat AS mengatakan Kabaeva dan keluarganya menjadi kaya karena kedekatannya dengan Putin. Meski demikian, banyak yang tidak mau membuka suara akan kabar tersebut. Departemen Keuangan AS juga telah menolak untuk mengomentari kasus ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])