Dream of the Desert, Kereta Api Mewah Arab Saudi Siap Beroperasi pada 2025

Nusantaratv.com - 29 Januari 2024

Arab Saudi bakal mengoperasikan kereta api mewah Dream of the Desert pada 2025. (Saudi Gazette)
Arab Saudi bakal mengoperasikan kereta api mewah Dream of the Desert pada 2025. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Saudi Arabia Railways (SAR) dan Arsenale Group dari Italia, sebuah perusahaan khusus pengelola perjalanan kereta api mewah, sepakat meluncurkan layanan kereta api mewah, yakni Dream of the Desert, di Arab Saudi. 

Kereta api Dream of the Desert, akan memiliki 40 kabin mewah dan kapasitas maksimum 80 penumpang. Kereta tersebut akan tiba di Arab Saudi pada musim panas 2025, dan mulai beroperasi pada November 2025.

Melansir Saudi Gazette, Senin (29/1/2024), Dream of the Desert merupakan kereta api mewah yang memiliki rute hingga seluruh Arab Saudi, dengan rute sepanjang 770 mil dari Riyadh, melewati Hail, ke kota utara Al-Qurayat, dekat perbatasan dengan Yordania.

Menteri Transportasi dan Logistik Arab Saudi, Saleh Al-Jasser, yang turut menghadiri penandatangan kerjasama kedua pihak mengatakan, layanan kereta api mewah akan menjadi layanan kualitatif dan opsi tambahan sektor tranportasi di kerajaan.

"Perjanjian ini merupakan salah satu inisiatif Strategi Nasional untuk Pelayanan Transportasi dan Logistik guna meningkatkan kualitas hidup dan mendukung strategi unggulan nasional," ujar Al-Jasser.

Menteri menyoroti dukungan besar dan tidak terbatas yang diterima sistem layanan transportasi dan logistik dari kepemimpinan yang bijaksana dalam memungkinkan sektor ini mencapai proyek dan inisiatif layanan dan pembangunannya. 

Dia mengapresiasi kerja sama dan integrasi bersama antara sistem dan berbagai pihak di bidang ini untuk mengembangkan pola transportasi dan meningkatkan pengalaman penerima manfaat.

Sementara itu, Dewan Direksi sekaligus CEO Arsenale Group, Paolo Barletta, mengatakan tahap awal produksi kereta api Dream of the Desert baru-baru ini telah dimulai di Italia sebagai persiapan memasuki layanan sesuai rencana yang telah diumumkan. Dia mengatakan, kereta api mewah ini akan menghadirkan perjalanan mewah ala Orient Express.

Patut dicatat, Arsenale Group, yang menginvestasikan lebih dari SR200 juta untuk kereta api Dream of the Desert, adalah perusahaan Italia yang mengkhususkan diri pada perhotelan mewah, manajemen hotel dan resor internasional, serta perjalanan mewah, dan sedang mengerjakan proyek berkelanjutan untuk layanan mewah melalui kereta wisata dengan armada enam kereta yang beroperasi di Italia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])