Dinas Kesehatan Mataram Catat 471 Kasus Diare Selama Januari

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H Usman Hadi. (ANTARA/Nirkomala)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H Usman Hadi. (ANTARA/Nirkomala)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat selama Januari 2023 mencatat 471 kasus diare dan 227 kasus di antaranya terjadi pada anak balita.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Usman Hadi di Mataram, Kamis, menyampaikan bahwa diare biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi serta daya tahan tubuh yang lemah.

"Penyakit diare yang menyerang masyarakat berbeda-beda, yaitu (bisa) skala ringan, sedang, hingga diare berat. Sedangkan kasus diare di Kota Mataram (umumnya) termasuk ringan," katanya.

"Kalau diare berat harus dirawat inap untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien saat diinfus. Sementara untuk diare ringan bisa diobati dengan minum oralit dan obat lainnya," ia menambahkan.

Usman mengatakan bahwa kasus-kasus diare di Kota Mataram umumnya dapat ditangani secara cepat oleh puskesmas.

Dia menyampaikan pentingnya memastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat dan bersih dalam upaya mencegah diare.

"Air minum sebaiknya gunakan air bersih dan dimasak terlebih dahulu. Apalagi sekarang lagi musim hujan, jadi perlu jaga kebersihan," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])