Digempur Rusia dari Segala Penjuru, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia Terbakar

Nusantaratv.com - 04 Maret 2022

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina. (Istimewa)
Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia, yang terbesar di Eropa, terbakar pada Jumat (4/3/2022) pagi di dekat kota Energodar, Ukraina.

Wali Kota Dmytro Orlov mengatakan kebakaran itu adalah akibat dari serangan bertubi-tubi dari musuh yang mengenai bangunan. Namun, dia tidak menjelaskan seberapa parah kebakaran yang terjadi.

"Sebagai akibat dari serangan bertubi-tubi dari musuh yang mengenai bangunan, membuat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terbakar," kata Orlov di saluran Telegram-nya, dikutip dari Channel News Asia (CNA), Jumat (4/3/2022).

Insiden itu juga memakan korban, namun dia tidak memberikan rincian. Orlov sebelumnya menyampaikan adanya pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia di pinggiran kota.

Pasukan Rusia berusaha masuk kota dengan tank dan berupaya merebut pembangkit tersebut, namun warga setempat dan juga karyawan PLTN berkumpul di sekeliling bangunan dan di jalan-jalan sekitarnya pada Rabu (2/2/2022) untuk mencegah masuknya tentara Rusia.

Selain Zaporizhzhia, Ukraina juga memiliki tiga PLTN lainnya yang masih aktif. Negara itu juga dikenal karena musibah kebocoran radioaktif di reaktor Chernobyl, yang belum lama ini direbut Rusia.

Sementara itu, Kantor berita RIA, mengutip Kementerian Energi Atom Ukraina, menyebutkan petugas pemadam kebakaran kesulitan dalam memadamkan api yang berkobar.

"Petugas pemadam kebakaran tidak bisa mulai memadamkan api di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhzhia - mereka ditembakkan dari jarak dekat. Sudah ada tembakan di unit listrik pertama," demikian laporan yang dikutip dari Kementerian Energi Atom Ukraina.  

Sejumlah wilayah di Ukraina saat ini diduduki oleh tentara Rusia yang memasuki hari kesembilan sejak invasi dilakukan pada 24 Februari lalu. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])