Diberondong Tembakan Anak Buah Putin, Wartawan Cantik Rusia Tewas di Ukraina

Nusantaratv.com - 24 Maret 2022

Oksana Baulina. (BBC)
Oksana Baulina. (BBC)

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Jurnalis Rusia Oksana Baulina tewas di wilayah Kyiv, Ukraina. Perempuan itu tewas saat pasukan Rusia menembaki kawasan permukiman pada Rabu (23/3/2022).

Oksana Baulina selama ini bekerja untuk kantor berita investigasi The Insider. Dirinya juga dikenal aktif dalam kelompok antikorupsi yang dipimpin Alexey Navalny.

Oksana Baulina tewas ketika tengah merekam kehancuran Ukraina akibat invasi militer Rusia. Seorang warga sipil yang sedang bersama Baulina pun dilaporkan tewas, sementara dua orang lainnya mengalami luka-luka.

"The Insider menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman Oksana," tulis pernyataan The Insider, tempat Oksana bekerja, mengutip AFP. 

Oksana aktif bekerja dengan kelompok antikorupsi yang dipimpin Alexey Navalny hingga mereka dinyatakan sebagai organisasi ekstremis.

Alexey Navalny pun sudah divonis sembilan tahun penjara oleh pengadilan di Rusia. Lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menghendaki hukuman 13 tahun penjara.

Vladimir Milov, yang bekerja dengannya di kelompok Navalny, bersumpah untuk membalaskan rekannya yang baru saja tewas di tangan tentara Rusia.

"Saya tidak akan pernah melupakan dia dan kepada semua orang yang bertanggung jawab atas kematiannya, saya berjanji bahwa mereka tidak akan lolos dengan (hanya) pengadilan dan vonis," tutur Milov.

Sebelumnya, seorang juru kamera di sebuah stasiun televisi lokal di Mariupol, Ukraina juga tewas kala wilayah itu dikepung tentara Rusia pada Rabu (23/3/2022).

Jurnalis lain yang terbunuh selama invasi Rusia ke Ukraina antara lain videografer AS, juru kamera Prancis-Irlandia, dan produser Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])