Dekranasda Gorontalo: IFW Ajang Penting Promosi Karawo

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa berbincang dengan perajin karawo di Kabupaten Gorontalo. ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa berbincang dengan perajin karawo di Kabupaten Gorontalo. ANTARA/HO-Diskominfotik Provinsi Gorontalo

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menjadikan Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 sebagai panggung penting dan strategis untuk mempromosikan kain sulaman khas Gorontalo yaitu karawo.

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa di Gorontalo, Kamis, mengatakan parade fesyen paling bergengsi di Indonesia itu membuat desain kain sulaman tangan khas Gorontalo naik kelas.

"Sejak awal saya dipercaya sebagai Ketua Dekranasda, saya ingin karawo ini semakin dikenal dan digemari. Kita butuh IFW 2023 sebagai momentum untuk promosi sekaligus meningkatkan kualitas desainer dan perajin," ucap Gamaria.

Dari aspek kualitas perancang, pintu IFW 2023 membuka jalan pembinaan dari Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Belasan desainer dan perajin lokal didampingi dan dibina dari aspek teknis supaya kualitas kain karawo semakin modern dan inovatif.

Pemprov bersama Dekranasda mengundang Naniek Rachman praktisi fesyen sekaligus Wakil Ketua APPMI Pusat. Kehadirannya didampingi Tuti Cholid sebagai kurator 13 desainer yang akan tampil di IFW tanggal 22-26 Februari 2023 di Jakarta Convention Center.

"Alhamdulillah program ini didukung dan disponsori penuh oleh Pemprov Gorontalo. Kita mencari sumber pembiayaan lain, namun hanya Bank Sulutgo, BI Gorontalo dan PT Biomasa Jaya Abadi yang bersedia ikut membantu, " ujar istri Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer itu.

Provinsi Gorontalo mengutus 13 desainer kain sulam karawo untuk mengikuti Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 yang berlangsung di Jakarta Convention Center 22 – 26 Februari nanti.

Kurasi desain karawo di IFW 2023 dilakukan oleh Naniek Rachman selaku Wakil Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan desainer busana ternama Tuti Cholid.

Sejumlah desainer karawo ternama akan tampil di IFW 2023 beberapa diantaranya yaitu Agus Lahinta dari Rumah Karawo, Abidin Ishak dari House of Abee, Aris Jamil, Isnawati Ilahude dari Tiar dan Fuji Usman dari Atelier.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])