Dampak Erupsi Gunung Ruang, Langit Manado Gelap Hingga Bandara Sam Ratulangi Ditutup

Nusantaratv.com - 30 April 2024

Dampak erupsi gunung ruang/instagram Info.Negri
Dampak erupsi gunung ruang/instagram Info.Negri

Penulis: Muslimin

Nusantaratv.com - Erupsi Gunung Ruang Sulawesi Utara sebabkan langit di Kota Manado menjadi gelap gulita hingga rumah terbakar pada Selasa (30/4/2024).

Dikutip dari akun Instagram @Info.negri pada Selasa (30/4/2024), laporan sementara banyak rumah yang terbakar akibat Awan Panas Guguran (APG) yang di sertai lava pijar di 3 desa sekitar Gunung Ruang.

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung wisatawan agar tetap waspada tidak memasuki wilayah radius 7 km dari pusat kawah aktif.

Kemudian masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman.

"Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas, dan tsunami akibat material erupsi yang masuk kelaut atau runtuhnya tubuh gunung api ke dalam laut," tulis akun tersebut.

Lalu masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sampai esok, 1 Mei 2024, pukul 12.00 WITA.

"Demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara sampai dengan Rabu, 1 Mei 2024, pukul 12.00 WITA," bunyi pemberitahuan di akun media sosial bandara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])