CSIS Catat Ada 138 Orang dari Total 580 DPR Terpilih Terindikasi Dinasti Politik

Nusantaratv.com - 26 April 2024

Gedung DPR RI (YouTube DPR RI)
Gedung DPR RI (YouTube DPR RI)

Penulis: Adiansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Laporan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mencatat, lebih dari seratus Caleg diprediksi lolos sebagai anggota DPR di Pemilu 2024 terindikasi dinasti politik. 

Sejumlah Caleg tersebut merupakan keluarga dari pejabat publik yang pernah atau masih mengemban amanah, baik adik, istri, suami, atau punya hubungan kerabat lainnya.

Sementara menurut data yang diterima, anggota DPR muda terpilih di bawah 40 tahun pada pemilu 2024 hanya 87 orang (15 persen) dari 580 total anggota DPR. 

Hal ini menjadi terendah sejak 1999, dan berada di bawah angka rata-rata global sebesar 18,8 persen (data Inter-Parliementary Union/IPU tahun 2023).

Kemudian 50 dari 87 Calon terpilih punya hubungan kekerabatan dengan pejabat politik yang dikategorikan CSIS sebagai bagian dari dinasti politik. 

Jumlah tersebut semakin memperlebar jarak antara wakil rakyat dan aspirasi penduduk muda. 

Jumlah calon terpilih yang terindikasi terasosiasi dinasti politik lebih besar jika kategori usia tidak dimasukkan. CSIS mencatat ada 138 orang (24 persen) dari total 580 anggota DPR terpilih.

  1. 53 orang (24 persen) anak dari pejabat
  2.  30 orang istri dari pejabat
  3. 20 orang adik pejabat 
  4. 10 orang suami pejabat 
  5. 7 orang kakak
  6. 7 orang keponakan
  7. 11 orang dari kategori lain

Data tersebut juga menerangkan, jika paling banyak Caleg yang terasosiasi dinasti politik paling banyak dari PDIP, disusul Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PAN dan PKS.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])