Citra Satelit Perlihatkan Detail Kuburan Massal di Kota Bucha

Nusantaratv.com - 04 April 2022

Citra satelit © 2022 Maxar Technologies. (The Hill)
Citra satelit © 2022 Maxar Technologies. (The Hill)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Citra satelit yang dirilis pada Minggu (3/4/2022) memperlihatkan detail kuburan massal di kota Bucha, utara Kiev, Ukraina.

Kuburan massal itu menjadi perhatian dunia karena banyak warga sipil yang meninggal setelah pasukan Rusia angkat kaki dari kota itu. Dikutip dari The Hill, Senin (4/4/2022), gambar dari Maxar Technologies menunjukkan kuburan itu terletak di Gereja St. Andrew dan Pyervozvannoho All Saints di pinggiran ibukota Kiev.

Perusahaan tersebut mengatakan tanda-tanda pertama penggalian terjadi pada 10 Maret, sekitar dua pekan perang berlangsung, sementara gambar dari 31 Maret menunjukkan adanya parit sepanjang sekitar 45 kaki (13,7 meter) yang digali di lahan gereja.

Maxar Technologies juga mengutip rekaman media sosial yang menunjukkan puluhan warga sipil yang tewas dikubur secara massal di kuburan.

Bucha adalah lokasi baku tembak selama lima pekan perang antara pasukan Rusia dan Ukraina sebelum Moskow menarik pasukan dari kota itu sebagai bagian dari apa yang dikatakan sebagai pergeseran dari Kiev.

Gambar dan laporan mengerikan yang keluar dari Bucha telah memicu seruan untuk tindakan lebih keras terhadap Rusia atas tuduhan kejahatan perang. "Kota Bucha di Ukraina berada di tangan hewan (Rusia) selama beberapa pekan. Warga sipil setempat dieksekusi secara sewenang-wenang, beberapa dengan tangan diikat ke belakang, tubuh mereka berserakan di jalan-jalan kota," kata Kementerian Pertahanan Ukraina dalam pernyataannya.

Citra satelit lain dari awal bulan ini menunjukkan kerusakan besar yang dialami kota-kota Ukraina akibat serangan tersebut. "Kerusakan luas tercatat pada infrastruktur sipil di dalam dan sekitar kota, termasuk rumah tinggal, gedung apartemen bertingkat tinggi, toko kelontong dan pusat perbelanjaan," kata Maxar dalam pernyataannya tentang kota Mariupol, yang telah mengalami kerusakan parah di tengah invasi Rusia.

Citra satelit juga telah digunakan untuk menunjukkan perkembangan seperti tenda pasukan dan kendaraan militer serta konvoi militer Rusia di luar Kiev pada awal serangan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])