BMKG Prediksi Awal Musim Kemarau pada April 2024, Dimulai dari NTT

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di Indonesia akan dimulai pada April 2024. 

Demikian disampaikan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada jumpa pers secara virtual Prediksi Awal Kemarau 2024, Jumat (15/3/2024). 

Dwikorita menjelaskan datangnya musim kemarau di Indonesia dipengaruhi angin timuran atau Monsun Australia di bulan keempat. 

Sehubungan dengan letak geografis Australia yang lebih dekat dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) maka musim kemarau 2024 di wilayah Indonesia akan bermula dari NTT.

"Wilayah yang pertama kali mengalami musim kemarau adalah NTT, NTB dan Bali. Setelah itu bergerak ke arah Pulau Jawa karena pergerakkan angin Monsun Australia," kata Dwikorita. 

Baca juga: Peringatan Dini BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem hingga 8 Maret 2024

Selanjutnya, papar Dwikorita, musim kemarau akan berangsur-angsur terjadi di seluruh wilayah Indonesia. 

"Yang memasuki musim kemarau pada Mei 2024 meliputi wilayah Jakarta, sebagian kecil Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, sebagian Jawa Timur, sebagian kecil Maluku, sebagian Papua, dan Papua Selatan," ungkap Dwikorita.

Adapun puncak musim kemarau di Indonesia diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus. 

Dwikorita menambahkan sehubungan dengan akan datangnya musim kemarau, BMKG telah berkoordinasi dengan kementerian dan instansi terkait untuk mencegah dampak dari musim kemarau semisal kekeringan, kebakaran hutan dan lahan serta lainnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])