BMKG Bantu Penanganan Banjir di Semarang dengan Metode Modifikasi Cuaca

Nusantaratv.com - 15 Maret 2024

Kota Semarang dan beberapa wilayah di Jawa Tengah dilanda banjir/ist
Kota Semarang dan beberapa wilayah di Jawa Tengah dilanda banjir/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Deputi Modifikasi Cuaca turut membantu penanganan banjir yang saat ini melanda Kota Semarang dan beberapa wilayah di Jawa Tengah. 

Hal itu disampaikan Plt Deputi Modifikasi Cuaca BMKG, Seto pada konferensi pers secara virtual Prediksi Awal.Musim Kemarau 2024, Jumat (15/3/2024). 

"BMKG terus mengupayakan sistem peringatan dini. Baik itu berkaitan dengan klimatologi maupun maupun cuaca ekstrem. Dan dengan terbentuknya kedeputian baru yakni Deputi Bidang Modifikasi Cuaca maka kami akan berupaya bagaimana agar seluruh peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG, itu kemudian bisa kita lakukan aksi dini misalnya untuk musim kemarau ke depan ini berkaitan dengan karhutla," kata Seto. 

Selain dalam persoalan kebakaran hutan dan lahan, sambung Seto, BMKG juga turut berperan membantu mengatasi banjir seperti yang saat ini terjadi di Jawa Tengah. 

Baca juga: Prediksi BMKG, Awal Musim Kemarau 2024 di Indonesia Tidak Serempak

"Sekarang ini terjadi banjir di Jawa Tengah, kami bergerak dengan cepat berkoordinasi dengan BNPB untuk melakukan modifikasi cuaca. Hari ini pesawat sudah menuju ke Jawa Tengah besok sudah dilakukan modifikasi cuaca supaya hujan yang jatuh berlebihan itu bisa kita tahan sebagian di laut. Sehingga tidak akan memperparah kondisi banjir yang saat ini sangat banyak sekali di Jawa Tengah yaitu di Semarang Pekalongan Rembang," kata Seto. 

"BMKG berkoordinasi dengan sumber angggaran dari BNPB karena sudah terjadi kejadian," imbuhnya. 

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan BMKG kini telah memiliki Deputi Bidang Modifikasi Cuaca yang dipayungi Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2024.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])