Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 Digelar di Bengkulu, Ini yang Dibahas..

Nusantaratv.com - 27 April 2024

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024.
Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Usai menggelar kick-off di Jakarta pada 4 Maret 2024 lalu, Astra memulai rangkaian Bincang Inspiratif perdana Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards, yang saat ini memasuki tahun pelaksanaan ke-15. Kegiatan diskusi tersebut bertema "Bersama, Berkarya, Berkelanjutan".

Melalui kegiatan ini, Astra hendak mengajak dan mengapresiasi generasi muda inspiratif yang senantiasa berkontribusi dan memberi manfaat untuk masyarakat sekitarnya. Terutama dalam bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi.

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 digelar di Hotel Grage, Bengkulu, Sabtu (27/4/2024) siang. Hadir dalam acara tersebut Asisten I Pemerintah Provinsi Bengkulu Khairil Anwar, Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi, dan juri SATU Indonesia Awards sekaligus pakar teknologi informasi Onno W. Purbo. Lalu, juri lainnya yang juga Direktur Utama Tempo Arif Zulkifli, serta penerima apresiasi SATU Indonesia Awards Tahun 2018 Bidang Teknologi Azza Aprisaufa serta Ketua Koordinator Wilayah Grup Astra Bengkulu Darul Hikmah.

"Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Astra sebagai bentuk apresiasi kepada generasi muda untuk bersama, berkarya, berkelanjutan membangun masa depan bangsa yang lebih baik," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

"Kami berharap akan semakin banyak generasi muda Indonesia yang dapat diapresiasi karena telah memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitarnya, dan bisa memberikan inspirasi ke generasi muda lainnya untuk kebaikan hari ini dan masa depan Indonesia," imbuhnya. 

Lebih dari 800 anak muda mengikuti Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024. Bersama dewan juri SATU Indonesia Awards yang hadir, Azza Aprisaufa berbagi pengalaman dalam Bincang Inspiratif.

Kedua dewan juri yang hadir, baik Onno W. Purbo maupun Arif Zulkifli menyampaikan kekaguman atas semangat tinggi generasi muda dalam memberikan kontribusi positif untuk lingkungan tanpa memikirkan imbalan dan menjadikan ajang SATU Indonesia Awards sebagai wadah yang tepat untuk berbagi inspirasi kepada generasi muda lainnya.

Sementara, Azza Aprisaufa sendiri adalah pemuda Aceh yang terinspirasi menciptakan sebuah sistem untuk memberdayakan keahlian para sarjana dan mengurangi angka pengangguran terdidik di Aceh Tengah. Mulai dari tahun 2016, Azza telah mengembangkan sistem tersebut dengan tekad serta kemampuan pemrograman yang diperolehnya selama kuliah.

Meskipun dihadapkan pada keterbatasan sumber daya manusia, Azza gigih menjalani perjalanan ini sendirian.

Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, usaha Azza akhirnya membuahkan hasil. Ia menciptakan aplikasi bernama Jasa Sarjana yang didukung oleh tim programmer lainnya. Saat ini aplikasi Jasa Sarjana sudah dapat diunduh melalui ponsel pintar. Aplikasi tersebut memiliki slogan "Satu Aplikasi, Seribu Tenaga Ahli".

Aplikasi Jasa Sarjana dirancang dengan sistem registrasi yang inklusif, memungkinkan para sarjana untuk mengaplikasikan keahlian mereka di berbagai bidang. Azza berharap, cerita suksesnya dapat menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia lainnya untuk berani memulai langkah menuju perubahan yang lebih baik.

"Melalui apresiasi SATU Indonesia Awards generasi muda dimungkinkan untuk lebih berdaya dan berkontribusi positif, langkah kecil sekalipun dapat menjadi solusi bagi masyarakat dan kemajuan bangsa," kata Azza.

15th SATU Indonesia Awards 2024

Adapun periode pendaftaran 15th SATU Indonesia Awards 2024, telah dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.astra.co.id.

Berikut Dewan Juri 15th SATU Indonesia Awards 2024:

1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)

2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)

3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)

5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi)

6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)

7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)

8. Billy Boen (Founder Young On Top)

9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)

10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra)

11. Raline Shah (Pegiat Seni).

Berikut syarat dan ketentuan penerima apresiasi 15th SATU Indonesia Awards 2024:

1. Program diinisiasi oleh Individu atau kelompok

2. Inisiator atau ketua kelompok maksimal berusia 35 tahun pada saat periode pendaftaran

3. Kegiatan harus orisinal

4. Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun

5. Kegiatan yang didaftarkan tidak pernah menerima maanfaat dari Grup Astra

6. Kegiatan yang didaftarkan belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional

7. Kegiatan yang diajukan selaras dengan aspek sustainability yang meliputie nvironmental, social dan governance (ESG)

8. Bukan karyawan Grup Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards

9. Dapat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang memenuhi persyaratan SATU Indonesia Awards. 

Nantinya, para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp65 juta dan pembinaan kegiatan. Serta, kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra.

Konsistensi Astra dalam mendukung dan mengapresiasi peran aktif generasi muda dalam mencapai pembangunan Indonesia yang berkelanjutan, dikatakan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])