Bertolak ke Australia, Jokowi Hadiri KTT Khusus ASEAN-Australia

Nusantaratv.com - 04 Maret 2024

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/3/2024) sebelum bertolak ke Australia. (Foto: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/3/2024) sebelum bertolak ke Australia. (Foto: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Melbourne, Australia, pada Senin (4/3/2024) pagi.

Kehadiran Kepala Negera di Negeri Kanguru itu untuk menghadiri perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia pada 4-6 Maret 2024.

"Hari ini saya dan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia. KTT ini diselenggarakan untuk menghadiri 50 tahun kemitraan ASEAN-Australia," ujar Jokowi dalam keterangan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. 

Dia menyampaikan, untuk KTT ASEAN-Australia kali ini mengangkat tema "Partnership for the Future". Jokowi menyebutkan, dalam KTT akan membahas kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia. 

"Kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Australia dapat dioptimalkan ke depan. Guna mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang damai, stabil, dan makmur," lanjutnya.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan akan menggunakan kesempatan di KTT tersebut untuk penguatan integrasi ekonomi. Juga transisi energi dan transformasi digital. "Serta pemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten. Termasuk dalam isu Palestina," jelasnya. 

Selain menghadiri KTT ASEAN-Australia, Jokowi juga akan bertemu bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese. Serta PM Selandia Baru Christopher Luxon, dan PM Kamboja Hun Manet. 

"Saya dan rombongan Insyaa Allah akan tiba kembali di Jakarta pada Rabu (6/3/2024)," tukas Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dalan kunjungan kerja ke Australia kali ini yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono.

Diketahui, ASEAN dan Australia menjalin hubungan dialog sejak 1974 yang kemudian ditingkatkan menjadi Kemitraan Strategis pada 2014 dalam rangka peringatan 40 tahun hubungan tersebut.

Kedua belah pihak menyepakati Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-Australia pada 2021. Selama 50 tahun terakhir, kerja sama antara ASEAN dan Australia terus berkembang, diperdalam, dan diperluas hingga mencakup berbagai bidang di tiga pilar Komunitas ASEAN.

Kedua pihak merayakan peringatan HUT ke-50 Hubungan Dialog tahun ini dengan penyelenggaraan KTT Khusus ASEAN-Australia yang rencananya akan diselenggarakan di Melbourne, Australia, pada 4-6 Maret 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])