Bentuk Bakti kepada Ibu, Habib Hasan bin Jafar Assegaff Gelar Haul Ke-3 Syarifah Al Athos

Nusantaratv.com - 12 Juli 2023

Habib Hasan bin Jafar Assegaff Gelar Haul Ke-3 Syarifah Al Athos
Habib Hasan bin Jafar Assegaff Gelar Haul Ke-3 Syarifah Al Athos

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - IBU memiliki peran besar dalam berbagai hal. Baik pada lingkup keluarga, agama, bahkan pendidikan. Kontribusi seorang ibu sangat dinantikan. Karena itu, ibu patut mendapat tempat yang istimewa.

Nilai istimewa yang dimiliki sang ibu juga tertuang pada ajaran agama. Hadis Riwayat Abu Hurairah Radiyallahu’anhu menyebutkan Rasulullah menyuruh umatnya berbuat baik tiga kali lebih besar kepada sang ibu daripada ayah. Pesan itu bukan bermaksud membedakan perlakuan anak kepada orang tua. Tapi, ada benang merah yang menunjukkan betapa istimewanya ibu di mata keluarga.

Hal tersebut disadari betul oleh  Habib Hasan bin Jaffar Assegaff seorang Tokoh ulama kharismatik asal Jakarta. Dimana ia mengakui, dibalik kesuksesan dan kebesaran namanya sebagai pimpinan majlis taklim nurul Musthofa hingga saat ini, tak lepas dari peran seorang Ibundanya yaitu Syarifah Fatma Binti Hasan Bin Mukhsin Bin Imam Qutbul Makkin Al Habib Abdulloh Bin Mukhsin Al Athos (Kramat Empang Bogor).

Sejak kecil, Habib Hasan selalu dididik oleh ibundanya dengan berpegang teguh penuh perhatian terhadap ajaran para leluhurnya terutama adat kebiasaan para habaib seperti pembacaan Alquran, ratib, maulid, dan ziarah para aulia.

"Sedari kecil umi selalu mengajarkan saya membiasakan menjalankan apa yang dilakukan para leluhur dulu. Seperti membaca Alquran, ratib, maulid, serta ziarah ke makam para Aulia,” kata Habib Hasan .

Syarifah Fatma memang telah membiasakan anak-anaknya sejak kecil dengan didikan yang beliau dapatkan dari ayahnya, yaitu Al-Habib Hasan bin Muhsin Al-Athos, yang bersambung langsung  dari  kakeknya yang juga ulama besar di wilayah Bogor.

Ibundanya mendidik dengan cara menceritakan kepada anak-anaknya tentang cerita-cerita yang beliau dapat dari ayahnya tentang para Aulia serta kakek-kakeknya, terutama Habib Abdullah bin Muhsin Al-Athos. Sehingga cerita-cerita tersebut menjadi motivasi bagi Habib Hasan bersama saudara-saudaranya untuk mengikuti jejak para leluhurnya semenjak kecil. Disebutkan mereka semua terdidik dan terarahkan dengan akhlak budi pekerti luhur melalui cerita yang mereka dapat dari ibundanya.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])