AS Keluarkan Sanksi Baru, Bidik Ratusan Perusahaan Rusia dan China

Nusantaratv.com - 02 Mei 2024

Ilustrasi. Bendera Rusia dan China. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. Bendera Rusia dan China. (Foto: Shutterstock)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Amerika Serikat pada Rabu (1/5/2024) mengeluarkan ratusan sanksi baru yang menargetkan Rusia atas perang di Ukraina sebagai tindakan yang bertujuan menghindari tindakan Barat yang dilakukan Moskow, termasuk melalui China.

Dilansir dari Reuters, Kamis (2/5/2024), Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi terhadap hampir 200 target dan Departemen Luar Negeri menetapkan lebih dari 80 target dalam salah satu tindakan paling luas terhadap perusahaan-perusahaan China sejauh ini dalam sanksi Washington yang ditujukan terhadap Rusia.

AS menjatuhkan sanksi terhadap 20 perusahaan yang berbasis di China dan Hong Kong, menyusul peringatan berulang kali dari Washington mengenai dukungan Negeri Tirai Bambu itu terhadap militer Rusia, termasuk selama kunjungan Menteri Keuangan Janet Yellen dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini ke negara tersebut.

Dukungan China terhadap Rusia adalah salah satu dari banyak isu yang mengancam perbaikan hubungan antara negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia baru-baru ini.

"Departemen Keuangan secara konsisten memperingatkan perusahaan akan menghadapi konsekuensi signifikan jika memberikan dukungan material untuk perang Rusia, dan AS hari ini menerapkannya pada hampir 300 target," kata Yellen dalam pernyataannya.

Kedutaan Besar Rusia dan China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sementara itu, Liu Pengyu, juru bicara kedutaan besar China di Washington, mengatakan pemerintah mengawasi ekspor barang-barang penggunaan ganda sesuai dengan undang-undang dan peraturan, menambahkan bahwa perdagangan normal dan interaksi ekonomi antara Tiongkok dan Rusia sejalan dengan peraturan Organisasi Perdagangan Dunia dan prinsip-prinsip pasar.

"Pihak China dengan tegas menentang sanksi sepihak ilegal AS," tegasnya.

Negara Paman Sam dan sekutunya telah menjatuhkan sanksi terhadap ribuan sasaran sejak Rusia menginvasi negara tetangganya, Ukraina. Perang ini telah menyebabkan puluhan ribu orang terbunuh dan kota-kota hancur.

Sejak itu, Washington berupaya menindak penghindaran tindakan Barat, termasuk dengan menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan di China, Turki, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Tindakan Departemen Keuangan pada Rabu memberikan sanksi kepada hampir 60 target yang berlokasi di Azerbaijan, Belgia, China, Rusia, Turki, Uni Emirat Arab dan Slovakia yang dituduh memungkinkan Rusia memperoleh teknologi dan peralatan yang sangat dibutuhkan dari luar negeri.

Upaya tersebut termasuk tindakan terhadap perusahaan yang berbasis di China, Departemen Keuangan, yang mengatakan mengekspor barang-barang untuk produksi drone seperti baling-baling, mesin, dan sensor ke sebuah perusahaan di Rusia. Pemasok teknologi lainnya yang berbasis di China dan Hong Kong juga menjadi sasaran.

Departemen Luar Negeri juga menjatuhkan sanksi terhadap empat perusahaan yang berbasis di China yang dituduh mendukung basis industri pertahanan Rusia, termasuk dengan mengirimkan barang-barang penting ke entitas yang terkena sanksi AS di Rusia, serta perusahaan-perusahaan di Turki, Kyrgyzstan, dan Malaysia yang dituduh melakukan pengiriman dalam jumlah besar dengan item prioritas ke Rusia.

"Kekhawatiran mengenai entitas di RRT yang memasok peralatan perang ke Rusia menjadi fokus di tingkat tertinggi Departemen dan pemerintahan. Alasannya sangat sederhana, RRT adalah pemasok utama komponen-komponen penting untuk basis industri pertahanan Rusia, dan Rusia menggunakannya untuk melancarkan perangnya terhadap Ukraina," jelas seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri.

"Jika RRT mengakhiri dukungannya untuk mengekspor barang-barang ini, Rusia akan kesulitan mempertahankan upaya perangnya," sebutnya.

Departemen Keuangan juga menargetkan akuisisi Rusia atas prekursor bahan peledak yang dibutuhkan Rusia untuk terus memproduksi bubuk mesiu, propelan roket, dan bahan peledak lainnya dalam tindakan pada Rabu tersebut, termasuk melalui sanksi terhadap dua pemasok yang berbasis di China yang mengirimkan bahan-bahan tersebut ke Rusia.
 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])