AS: Keluarkan Rusia dari G20!

Nusantaratv.com - 07 April 2022

Pasukan Rusia. (Net)
Pasukan Rusia. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen meminta Rusia dikeluarkan dari forum Kelompok 20 alias G20. AS juga mengancam bakal memboikot sejumlah pertemuan G20 apabila di situ ada pejabat Rusia.

Pernyataan ini disampaikan pada sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS. Pernyataan Yellen menimbulkan pertanyaan tentang peran dan masa depan G20 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sejak 2008, G20 telah menjadi forum internasional utama untuk sejumlah isu penting, mulai dari bantuan covid-19 hingga utang lintas batas dan juga termasuk China, India, Arab Saudi, dan negara-negara lain yang enggan mengutuk tindakan Rusia.

Yellen menyatakan kepada anggota parlemen bahwa invasi Rusia ke Ukraina dan pembunuhan warga sipil di Bucha tercela.

"Itu merupakan penghinaan yang tidak dapat diterima terhadap tatanan global berbasis aturan, dan akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya," ujarnya, Kamis (7/4/2022).

Amerika Serikat dan sekutu utamanya telah menempatkan penekanan yang lebih besar dalam beberapa bulan terakhir pada pengelompokan G7 dari negara-negara demokrasi industri.

Mereka juga menggunakan pertemuan G7 untuk mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap perang Rusia di Ukraina.

Mengutip Reuters, Yellen mengatakan pemerintahan Biden ingin mendorong Rusia keluar dari partisipasi aktif di lembaga-lembaga internasional utama.

"Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa Rusia tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa di lembaga keuangan mana pun. Dia meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20, dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana," tandas Yellen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])