Anies Resmikan Tebet Eco Park, Ruang Terbuka Hijau untuk Publik

Nusantaratv.com - 23 April 2022

Anies Baswedan/ist
Anies Baswedan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Tebet Eco Park yang berada di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Tebet Eco Park merupakan ruang hijau publik yang dinaungi oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut).

Dalam sambutannya, Anies mengatakan Tebet Eco Park adalah hasil revitalisasi Taman Tebet menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Anies menyampaikan adanya perkembangan teknologi dalam masyarakat urban Ibu kota, alam selalu menjadi korban dari perkembangan zaman.

"Pemanfaatan teknologi telah membuat alam menderita, maka dari itu tanggung jawab kita sekarang menjadi warga urban yang mengembalikan alam menjadi sehat," ujar Anies, Sabtu (23/4/2022).

Menurut Anies kehadiran Tebet Eco Park menjadi jawaban dari bentuk tanggung jawab warga Jakarta yang hendak menyelamatkan alam. Baginya, seluruh makhluk hidup yang ada di Ibu Kota berhak untuk merasakan kehidupan yang nyaman.

"Tidak hanya manusia yang difasilitasi, semua makhluk hidup berhak merasakan kehidupan yang nyaman dan sehat di kota ini. Itulah Tebet Eco Park," tandas Anies.

Baca juga: Kerap Kritik Anies dan Baru Saja Unggah Foto di JIS, Akun Instagram Giring Ganesha Lenyap

Terpisah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati menyampaikan kehadiran Tebet Eco Park sebagai wujud kesinambungan hubungan timbal balik antara warga dengan alam.

"Tebet Eco Park dapat menjadi model ideal pembangunan taman di Ibu Kota dimana pertumbuhan terjadi sangat pesat dan kehadiran taman sangat diperlukan sebagai ruang interaksi antar warga, dan antara warga dengan alam,” kata Suzi.

Suzi menjelaskan, konsep Tebet Eco Park mengusung pengaplikasian vegetasi dan tanggul alami. Selain itu, Tebet Eco Park menekankan penerapan teknik soil bioengineering di saluran air yang ada di dalam taman.

"Selain membantu meningkatkan kapasitas tampungan air hujan, pendekatan ini juga menyerasikan kembali saluran air dan taman yang dilaluinya sebagai satu kesatuan ekosistem yang alami. Dengan demikian, kualitas air dapat diperbaiki dan keanekaragaman hayati dapat dipulihkan," tutur Suzi, mengutip okezonecom.

Revitalisasi Taman Tebet merupakan realisasi dari Kegiatan Strategis Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun Taman Maju Bersama dan RTH yang berkualitas bagi warga. Selain menghadirkan Tebet Eco Park, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 2018 telah membangun dan merevitalisasi 377 taman, serta menanam lebih dari 140.000 pohon.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])