Anggota KPPS Ungkap Kekesalan Dituduh Curang Viral, Pengamat Jelaskan Beban Kerja Hingga Fakta

Nusantaratv.com - 21 Februari 2024

Anggota KPPS Ungkap Kekesalan Dituduh Curang Jadi Viral dan FYP di Tiktok
Anggota KPPS Ungkap Kekesalan Dituduh Curang Jadi Viral dan FYP di Tiktok

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pesta demokrasi serentak yang digelar Republik Indonesia pada Rabu 14 Februari 2024 berjalan dengan lancar lantaran di antaranya berkat kerja keras anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Adapun rincian pemilihan umum (Pemilu) serentak, yakni Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg) untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.

Anggota KPPS telah bekerja penuh semangat dan gotong royong di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Bahkan, ada sejumlah anggota KPPS yang mencurahkan seluruh kemampuannya, kelelahan, dan meninggal juga masih menjadi duka bagi Pemilu 2024.

BACA JUGA: Peran Ulama Sangat Penting dalam Wujudkan Persatuan Pasca Beda Pilihan di Pemilu 2024

Namun sayang, upaya maksimal tersebut justru berbuah pandangan negatif. Masih banyak pihak merasa bahwa sumber kecurangan di TPS salah satunya terjadi oleh oknum anggota KPPS.

Mereka pun mencurahkan pendapat di media sosial, X (dahulu Twitter hingga TikTok). Hal tersebut dianggap efektif lantaran mampu menyajikan tontonan dalam bentuk video singkat, siaran langsung atau Live dan digemari banyak pihak. Bahkan, videonya tembus menjadi FYP (for your page) lantaran muncul di halaman TikTok.

Para petugas KPPS geram, kesal, meradang dan mengaku sakit hati karena kerja keras menjadi petugas malah dituduh melakukan kecurangan.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memberi tanggapan terkait viralnya ungkapan kekesalan anggota KPPS. Dia menegaskan bahwa anggota KPPS sudah penuh perjuangan dan tidak patut dianggap sebagai pelaku kecurangan.

Apalagi, pihak yang kalah seringkali menyerang dan mengklaim adanya kecurangan dalam proses pemilu.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])