23 Warga Sipil Ukraina Tewas akibat Serangan Rudal Rusia  

Nusantaratv.com - 30 September 2022

Warga sipil Ukraina menjadi korban serangan rudal Rusia/ist
Warga sipil Ukraina menjadi korban serangan rudal Rusia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Sebanyak 23 warga sipil yang sedang berkerumun di pasar mobil di Ukraina selatan dilaporkan tewas akibat serangan rudal Rusia pada Jumat, (30/9/2022). Mayat-mayat berlumuran darah berserakan di tanah dalam serangan yang oleh pejabat setempat dituduhkan pada Rusia.

Konvoi itu berkumpul di pasar mobil di tepi kota Zaporizhzhia, bersiap untuk meninggalkan wilayah Ukraina untuk mengunjungi kerabat dan mengirimkan pasokan di daerah yang dikendalikan oleh Rusia.

Jendela-jendela mobil pecah akibat dampak serangan rudal, dan sisi-sisinya terkena pecahan peluru.

"Sejauh ini, 23 tewas dan 28 terluka. Semua warga sipil," tulis Oleksandr Starukh, gubernur regional Zaporizhzhia di aplikasi pesan Telegram.

"Para penjajah menyerang Ukraina yang tak berdaya. Ini adalah serangan teroris lain oleh negara teroris."

Kolonel Polisi Sergey Ujryumov, kepala unit penimbunan bahan peledak dari departemen kepolisian Zaporizhzhia mengatakan pasar itu dihantam oleh tiga rudal S300.

"Orang-orang yang tertembak sebagian besar berada di dalam mobil mereka atau di sebelah mereka. Ada serangan lain, lebih dari 10. Anda akan diberitahu tentang mereka nanti," katanya kepada wartawan di tempat kejadian.

Ujryumov mengatakan militer Rusia "tahu bahwa kolom dibentuk di sini untuk pergi ke wilayah pendudukan. Mereka memiliki koordinat.

"Ini bukan serangan kebetulan. Ini benar-benar disengaja," katanya, mengutip okezonecom.

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari, membantah sengaja menyerang warga sipil.

Vladimir Rogov, seorang pejabat di pemerintahan yang didirikan Rusia di wilayah Zaporizhzhia, menyalahkan serangan itu pada pasukan Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])