2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Nusantaratv.com - 23 April 2024

Ilustrasi dua helikopter mengalami kecelakaan/ist
Ilustrasi dua helikopter mengalami kecelakaan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dua helikopter angkatan laut Malaysia bertabrakan di udara saat latihan parade angkatan laut, pada Selasa (23/4/2024). 

Insiden terjadi di pangkalan angkatan laut Lumut di negara bagian Perak bagian barat pada pukul 09.32 waktu setempat. 

Sebanyak 10 orang dilaporkan tewas akibat insiden. Para korban adalah awak pesawat yang terlibat dalam kecelakaan itu.

"Semua korban dipastikan tewas di tempat kejadian dan dikirim ke rumah sakit militer pangkalan angkatan laut Lumut untuk diidentifikasi," kata pejabat Angkatan Laut Malaysia.

Sebuah video yang beredar di media lokal menunjukkan beberapa helikopter terbang dalam formasi. Namun seketika terjadi insiden saat salah satu rotor helikopter tersebut memotong rotor helikopter lainnya hingga akhirnya kedua helikopter tersebut jatuh ke tanah. Polisi setempat mengonfirmasi bahwa rekaman itu asli.

Menteri Pertahanan Mohamed Khaled Nordin mengatakan dua helikopter yang bertabrakan adalah helikopter operasi maritim dan helikopter militer Fennec yang sedang berlatih untuk parade merayakan ulang tahun ke-90 Angkatan Laut Kerajaan Malaysia, yang akan diadakan pada Sabtu 27 April 2024.

Tujuh awak berada di helikopter operasi maritim AW139, kata angkatan laut. Pesawat tersebut diproduksi oleh AgustaWestland yang merupakan anak perusahaan kontraktor pertahanan Italia Leonardo. Tiga awak lainnya berada di helikopter ringan Fennec, yang diproduksi oleh konglomerat pertahanan multinasional Eropa, Airbus.

Media lokal melaporkan bahwa AW139 jatuh di kompleks olahraga pangkalan angkatan laut, sementara Fennec menghantam kolam renang terdekat.

Angkatan Laut mengatakan akan menyelidiki penyebab tabrakan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])