15 Tahun SATU Indonesia Awards Astra: Laksana Mengubah Jalan Setapak di Hutan Jadi Tol

Nusantaratv.com - 28 April 2024

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 di Hotel Grage, Bengkulu.
Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 di Hotel Grage, Bengkulu.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ajang SATU Indonesia Awards yang digelar Astra, dinilai sebagai sebuah terobosan. Terobosan dalam upaya mencari, menginspirasi dan mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia, khususnya anak muda.

"Satu Indonesia Awards adalah sebuah ajang yang luar biasa, yang saya ingin analogikan seperti ini. Jadi ada seorang penyair China yang pernah mengatakan begini, 'harapan itu laksana sebuah jalan setapak di hutan. Mula-mula jalan setapak itu tidak pernah ada, tapi karena ada orang yang berjalan di situ, satu, dua, tiga dan seterusnya maka jalan setapak itu terbentuk'," papar Direktur Utama PT Tempo Media Inti Tbk. Arif Zulkifli, di Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, Hotel Grage, Bengkulu, Sabtu (27/4/2024).

"Nah harapan itu seperti itu," imbuhnya.

SATU Indonesia Awards sendiri telah digelar Astra selama 15 tahun. Karena itu, kata Arif, ajang tersebut telah membuka jalan bagi semua pihak untuk dapat melihat dan mengapresiasi peran positif anak-anak muda bagi lingkungannya. Termasuk turut serta dalam membantu negara.

"Jadi karena ada orang yang berjalan dan mencoba sesuatu maka yang lain bisa ikut. Nah inilah yang terjadi di SATU Indonesia Awards Astra, 15 tahun tentu itu bukan lagi jalan setapak tapi sudah jadi jalan tol," tutur dewan juri SATU Indonesia Awards 2024 itu.

Arif pun mengajak anak-anak muda untuk mengikuti SATU Indonesia Awards. Sebab, banyak hal-hal positif yang bisa diperoleh, kendati tak menang atau menerima apresiasi sekali pun nantinya.

Diketahui, untuk tahun ini sudah ada sekitar 14-15 ribu pendaftar 15th SATU Indonesia Awards 2024.

"Nah kalian yang ada di sini, juga teman-teman yang mengikuti acara ini dari secara online, saya kira sudah selayaknya memanfaatkan kesempatan itu. Bukan sekadar mereka mendaftar lalu dipilih, tapi juga pengalamannya, tapi juga kalau nanti mereka masuk ke dalam menjadi finalis, semifinalis ada interaksi yang lebih luas, cakrawalanya itu terbuka luas," jelasnya.

Pakar teknologi informasi Onno W. Purbo berharap, Astra bisa terus memberikan apresiasi kepada masyarakat melalui SATU Indonesia Awards. Sebab apresiasi tersebut menurutnya sangat bermanfaat, khususnya bagi para penerima.

"Harapannya Astra bisa terus ngasih awards terus. Saya pengin tanya berapa perusahaan di Republik Indonesia yang kayak Astra ngasih awards? Ada nggak? Sedikit kan, hampir nggak ada kan," ujarnya.

"Makanya kita harus berdoa supaya Astra tetap untung supaya bisa ngasih awards sama anda semua," kata dewan juri SATU Indonesia Awards 2024 lainnya itu.

Head of Media Relations Astra, Regina Panontongan, menjelaskan SATU Indonesia Awards digelar guna memberikan apresiasi kepada anak muda Indonesia, yang mampu memberikan manfaat di sekitarnya. Kegiatan itu juga dihelat dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober.

"Yang artinya sebagai peringatan juga untuk kita-kita sebagai generasi muda, yuk kita harus melakukan sesuatu," ujarnya.

Adanya SATU Indonesia Awards diharapkan bisa menjadi motivasi yang tak putus bagi kaum muda untuk bisa berguna bagi lingkungan dan sesama. Juga sebagai dorongan dari penerima apresiasi, bagi anak-anak muda lainnya agar bisa berbuat lebih bagi sekitarnya. 

"Supaya kita bisa saling menginspirasi, pada akhirnya semua bisa punya motivasi memajukan bangsa Indonesia," kata Regina.

Diketahui, pendaftaran 15th SATU Indonesia Awards 2024 telah dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024 mendatang. Adapun untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi situs www.astra.co.id.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])