12 Emak-emak di Madina-Sumut Tewas Tertimbun Longsor Saat Cari Emas di Tambang Ilegal

Nusantaratv.com - 29 April 2022

Lokasi tambang emas ilegal/ist
Lokasi tambang emas ilegal/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Musibah yang menelan korban jiwa kembali terjadi di areal tambang emas ilegal. Sebanyak 12 emak-emak meninggal dunia akibat tertimbun bekas tambang emas di Desa Banjar Limabung, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Kamis (28/4/2022).  

Sementara dua lainnya selamat.

Kapolres Mandailing Natal AKBP Reza Chairul Akbar Sidiq mengatakan musibah tersebut terjadi pada Kamis (28/4/2022) sekitar pukul 15:30 WIB. 

"Benar, adanya korban meninggal akibat kejadian longsor di lokasi tambang tradisional di Desa Limabung Kecamatan Lingga Bayu Kab. Madina sebanyak 12 orang," kata Reza Chairul Akbar Sidiq.

Reza menyebut seluruh korban saat ini sudah berhasil di evakuasi dan dibawa ke rumah duka masing-masing.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kejadian bermula ketika sekitar 14 orang mencari emas di bekas tambang tradisional menggunakan cara memasuki lubang yang berada di bawah tebing. 

Kemudian, beberapa orang yang masuk ke lubang mengambil material berupa bebatuan kecil dan pasir yang mengandung butiran emas dengan menggunakan tumbilang, ember dan dulang.

Namun tiba-tiba tanah di sekitar tebing longsor dan akhirnya menimbun 14 orang tersebut. Namun saat itu dua orang berhasil keluar dan menyelamatkan diri. 

Salah satu korban selamat, Irwansyah Lubis mencari pertolongan dan korban bisa dievakuasi sekitar pukul 17:30 WIB.

Polres Madina sedang menurunkan personel guna mengecek lokasi. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])