Mirip di India, Desa di Jawa Tengah Ini Dihuni Banyak Anak Kembar

Desa Jonggrangan, di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini tergolong unik. Beda dari desa-desa lainnya, penduduk di desa Jonggrangan ini banyak...

Desa Jonggrangan

Nusantaratv.com - Desa Jonggrangan, di Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini tergolong unik. Beda dari desa-desa lainnya, penduduk di desa Jonggrangan ini banyak yang kembar

“Ada yang kembar identik ada yang dampit (laki-perempuan). Jumlahnya terakhir sekitar 15 pasang atau 30 orang, itu yang saat ini masih hidup,” kata Kades Jonggrangan, Sunarno, seperti dikutip dari detikcom.

Desa Jonggrangan berada di timur laut pusat kota Klaten, terletak di tepi jalan Yogya-Solo. Desa Jonggrangan memiliki 7 RW dan 22 RT dengan jumlah penduduk sekitar 4.300 jiwa.

Baca Juga: Momen Lucu di Pernikahan Wanita Kembar

Dilansir dari laman Kompas, ternyata hal ini telah terjadi sejak dulu dan terus berlangsung hingga sekarang. Karena itu banyak orang menyebut desa Jonggrangan dengan ‘Desa Kembar’, karena banyak anak lahir identik di desa ini. Pasangan kembar yang paling tua berusia 80 tahun dan yang termuda 5 tahun.

Kejadian unik yang terjadi saat menghadapi anak kembar adalah salah panggil. Ketika kita menyapa A, ternyata yang di hadapan kita kembarannya, yaitu si B. Sehingga banyak orang sering salah panggil di desa Jonggrangan. 

Anak-anak kembar di desa Jonggrangan.

Fenomena kembar di desa Jonggrangan ini hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun menurut petinggi desa, banyaknya anak lahir kembar di desa ini mungkin karena dari kakek neneknya dulu juga banyak yang kembar sehingga melahirkan anak cucu yang kembar juga.

Menjadi kembar, sejatinya bukan sebuah gangguan karena selama ini tidak ada laporan yang negatif. Entah itu karena faktor makanan, minuman, lingkungan atau alamiah semua masih diteliti. Namun satu hal yang pasti kalau desa ini jadi keunikan sendiri di Indonesia.
 
Di India juga ada desa serupa

Ternyata fenomena kembar yang terjadi di desa Jonggrangan ini juga ada di sebuah desa di India. Dilansir dari laman Grid.id, ada sebuah desa di India bernama Kodinhi yang memiliki 400-an anak kembar. Banyaknya anak kembar di desa ini membuat penduduk setempat mengubah nama desanya menjadi “Desa Kembar”.

Baca Juga: Kisah Kembar Identik yang Berbagi Pasangan

Sampai saat ini pun para peneliti masih belum mengetahui kenapa fenomena seperti ini bisa terjadi, mirip dengan kejadian di Jawa Tengah. Sejak tahun 2008, jumlah kelahiran anak kembar terus meningkat hingga saat ini, dari 2000 keluarga ada 400 pasangan kembar. 

Wah, kalau berada di sana pasti bingung banget ya soalnya bisa sering salah sebut nama karena banyak orang kembar.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK