Lima Tradisi Pemakaman Unik dan Sakral di Tana Toraja

Di Suku Toraja berlaku banyak tradisi untuk mengabadikan jenazah, layaknya memumifikasi di Mesir. Meski terdengar menyeramkan, tradisi ini kini menjadi destinasi...

Pemakaman di dinding batu masyarakat Tana Toraja

Nusantaratv.com - Kematian akan dialami oleh setiap manusia dan juga makhluk yang bernyawa. Namun bagi banyak orang, kematian adalah sesuatu hal yang menakutkan. Karena itu, orang akan merinding saat melewati sebuah pekuburan. Namun bagi masyarakat Tana Toraja, di Sulawesi Selatan, kematian bukanlah hal yang menakutkan.

Bagi mereka kematian adalah suatu momen yang besar seperti halnya kelahiran, karena itu harus dirayakan secara besar-besaran, meskipun itu acara duka cita. Tujuan pelaksanaan upacara ini untuk menghormati orang yang telah tiada, dan mencegah hal-hal buruk bagi yang masih hidup.

Tradisi ini sudah dilakukan turun-temurun, masyarakat atau Suku Toraja menjadikan kematian sebagai hal yang selalu mereka perbincangkan sehari-hari. Mereka yakin, kematian adalah tonggak mencapai kehidupan abadi yang paling agung.

Baca Juga: Seniman Tiongkok Apresiasi Budaya Indonesia di Chinese Gala Festival

Di Suku Toraja berlaku banyak tradisi untuk mengabadikan jenazah, layaknya memumifikasi di Mesir. Meski terdengar menyeramkan, tradisi ini kini menjadi destinasi wisata Nusantara yang membuat penasaran banyak orang.

Berikut ada lima tradisi pemakaman khas Suku Toraja, Sulawesi Selatan yang unik dan menarik.

Lanjut 
like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK