Punya 12 Manfaat, Tanaman Bayam Ternyata Bisa Cegah Kanker

Nusantaratv.com - 29 April 2024

Tanaman Bayam
Tanaman Bayam

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Tanaman Bayam banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Pada umumnya, masyarakat sebatas mengonsumsi Bayam sebagai pelengkap lauk pauk lain saja. 

Namun siapa sangka, dibalik kesegaran mengonsumsi sayur bayam, terdapat sedikitnya 12 manfaat dari Bayam untuk kesehatan tubuh manusia.

Bayam seperti diketahui memiliki banyak manfaat lain seperti, menangkal radikal bebas hingga menjadi sumber mineral, seperti kalium, zat besi, hingga magnesium.

Bayam atau disebut juga Spinacia oleracea, merupakan sayuran rendah kalori. Selain itu, di dalam 100 gram bayam, terkandung 23 kalori dan nutrisi-nutrisi berikut ini:

3,5 gram karbohidrat

3 gram protein

460 miligram kalium

71 miligram magnesium

2,4 miligram zat besi

2 gram serat

Bayam juga kaya akan beragam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin K, serta mengandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein, karotenoid, dan zeaxanthin.

Berkat kandungan berbagai nutrisi di dalamnya, bayam dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. 

Berikut ini adalah manfaat bayam jika dikonsumsi secara rutin:

1. Mengatasi peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab peradangan di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, mengonsumsi bayam secara rutin bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan, misalnya diabetes dan rheumatoid arthritis.

2. Mendukung proses pemulihan luka

Antioksidan yang terkandung dalam bayam juga diketahui memiliki sifat antiradang. Berkat efek tersebut, bayam dianggap baik dikonsumsi untuk mempercepat proses pemulihan luka. Jika luka cepat pulih, Anda tentunya dapat kembali melakukan aktivitas sehari-hari tanpa khawatir.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat bayam dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh berasal dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. 

Beragam nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga kesehatan mata

Manfaat bayam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini diperoleh dari tiga jenis karotenoid, yaitu lutein, beta karoten, dan zeaxanthin, yang terkandung dalam bayam.

Selain meningkatkan kesehatan mata, ketiga jenis karotenoid tersebut juga bisa menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Jika tidak ditangani, kedua gangguan pada mata tersebut bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

5. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya kesehatan mata, mengonsumsi bayam juga baik untuk kulit. Berbagai jenis vitamin yang terkandung dalam bayam, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, merupakan kandungan yang berperan besar dalam hal ini.

Pasalnya, vitamin-vitamin tersebut dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, berbagai vitamin di atas juga berkhasiat untuk memperbaiki tekstur kulit sehingga membuatnya tampilan kulit tampak halus.

6. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami lemas, mudah lelah, hingga sakit kepala.

Untuk mencegah anemia, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, salah satunya bayam. Ketika kebutuhan zat besi tercukupi, maka tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan cukup sehingga anemia dapat dihindari.

7. Mencegah osteoporosis

Beberapa kandungan mineral dalam bayam, seperti kalsium dan magnesium, berperan dalam pembentukan tulang. Mineral-mineral tersebut baik untuk memelihara struktur tulang dan menjaga agar tulang tetap kuat. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

8. Mengontrol gula darah

Kandungan antioksidan di dalam bayam diduga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, sayuran yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

9. Mengurangi kolesterol jahat

Selain mengontrol gula darah, antioksidan dalam bayam juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa sayuran berdaun hijau yang kaya akan antioksidan, termasuk bayam, berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

10. Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat bayam dalam mengontrol tekanan darah tinggi diduga berasal dari oksida nitrat yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi berkat kemampuannya dalam membuat otot-otot pembuluh darah lebih rileks sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

11. Mencegah penyakit jantung

Manfaat kesehatan lainnya dari mengonsumsi bayam adalah mencegah penyakit jantung. Manfaat bayam ini berkaitan dengan kandungan oksida nitrat yang berperan dalam mengontrol tekanan darah tinggi sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

12. Mencegah kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu melawan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Dengan demikian, risiko terkena kanker pun akan menurun.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close