NTV Morning: Pecahkan Rekor Dunia, Roti Baguette di Prancis Sepanjang 140 Meter Kalahkan Italia

Nusantaratv.com - 07 Mei 2024

Para pembuat roti Prancis membuat baguette terpanjang di dunia mengalahkan Italia.
Para pembuat roti Prancis membuat baguette terpanjang di dunia mengalahkan Italia.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Para pembuat roti Prancis berhasil membuat sesuatu yang luar biasa, yakni Baguette terpanjang di dunia, dengan panjang mencapai 140,53 meter. 

Prestasi ini mengembalikan kebanggaan bagi negara tersebut, setelah rekor sebelumnya direbut oleh Italia.

Baguette tersebut berukuran sekitar 235 kali lebih panjang dari baguette biasa. Acara ini dihelat di Suresnes, pinggiran Paris, selama acara untuk konfederasi pembuat roti dan kue Prancis.

Sebelumnya, baguette terpanjang sepanjang 132,62 meter dipanggang di kota Italia Como pada Juni 2019.

Dengan memulai proses pembuatan roti pada pukul 3 pagi dan menggunakan oven bergerak khusus, mereka menghadapi tantangan besar untuk menghasilkan baguette yang memenuhi standar Guinness World Records (GWR).

Setelah berbagai upaya dan kerja keras, baguette terpanjang akhirnya disetujui oleh juri Guinness World Records.

"Lebih banyak aturan yang harus dipenuhi. Bukan hanya soal ukuran. Aturan kebersihan harus dipatuhi oleh masyarakat setempat. Bahan-bahannya juga harus bahan-bahan tradisional yang digunakan, serta cara memasak tradisional untuk pembuatannya. Terakhir, harus merupakan satu bagian yang utuh dan tidak terpecah-pecah," ujar perwakilan Guinness World Record, Joanne Brent.

"Pengukuran akhir dilakukan berdasarkan panjang baguette dan dengan rekor ukuran yang sangat besar yakni 132,63 meter (435,1 kaki). Saya dapat memastikan upaya ini berhasil," sambungnya.

Para pembuat roti Prancis menyatukan kekuatan dan pengetahuan mereka dalam menciptakan baguette terpanjang yang pernah ada.

"Kami sangat khawatir pada waktu-waktu tertentu. Kami harus menjaganya (baguette) di bawah pengawasan sepanjang perjalanan, dan tidak mudah, baik saat naik atau turun di oven, memasak di dalam oven, bahkan menguleni dan membentuk tim, segalanya menjadi tegang," jelas pembuat roti asal Perancis Michael Dos Santos.

"Kami berada di Prancis. Kami yang menyelenggarakannya, kami memiliki (baguette) kredensial warisan dunia UNESCO. Jadi ini merupakan suatu kebanggan telah mencapainya di dalam negeri," timpal yang lainnya.

Bagian dari baguete yang tebalnya minimal 5 cm dipotong dan dibagikan kepada warga, sedangkan sisanya diberikan kepada para tuna wisma.

Sementara menurut peraturan resmi baguette tradisional Prancis harus memiliki panjang minimal sekitar 60 cm, terbuat dari tepung gandum, air, garam, dan ragi saja, serta memiliki berat sekitar 250 gram.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close