Gokil! Pecahkan Rekor Dunia Maraton Catur Terpanjang dalam Sejarah Selama 60 Jam, Pria Ini Punya Tujuan Mulia

Nusantaratv.com - 21 April 2024

Master catur asal Nigeria, Tunde Onakoya memecahkan rekor dunia maraton catur terpanjang dalam sejarah selama 60 jam. (Foto: Instagram @thegiftofchess)
Master catur asal Nigeria, Tunde Onakoya memecahkan rekor dunia maraton catur terpanjang dalam sejarah selama 60 jam. (Foto: Instagram @thegiftofchess)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Master catur asal Nigeria, Tunde Onakoya berhasil memecahkan rekor dunia untuk maraton catur selama sekitar 60 jam. 

Ini merupakan maraton catur terpanjang dalam sejarah. Pria berusia 29 tahun itu melakukan pencatatan Guinness World Record (GWR) di Times Square, New York, Amerika Serikat (AS), sejak Rabu (17/4/2024) waktu setempat. 

Onakoya bermain melawan NM Shawn Martinez, seorang juara catur asal AS. Untuk setiap jam permainan yang dilakoninya, Onakoya dan lawanya hanya diberikan waktu istirahat lima menit.

"Energi saya 100 persen karena orang-orang di sini mendukung saya dengan musik," ujar Onakoya, seperti dilansir dari Sky News, Minggu (21/4/2024).

Dia berhasil memperbarui rekor milik FM Sjur Ferkingstad and Hallvard Haug Flatebo yang bermain catur selama 56 jam 9 menit pada 2018, di Haugesund, Norwegia.

Namun, GWR hingga kini belum mengumumkan secara terbuka atau mengonfirmasi rekor Onakoya. Terkadang proses tersebut membutuhkan waktu selama beberapa minggu ke depan bagi GWR untuk mensahkan rekor baru tersebut.

Onakoya berharap upaya pemecahan rekor maraton catur yang sukses dia pecahkan ini bisa mengumpulkan dana US$1 juta atau sekitar Rp16,2 miliar bagi pendidikan anak-anak di seluruh Afrika.

Di mana upaya memecahkan rekor bermain catur maraton terpanjang dalam sejarah ini disebut Onakoya demi mewujudkan impian jutaan anak di Afrika agar bisa mengenyam pendidikan.

"Untuk impian jutaan anak di seluruh Afrika yang tidak memiliki akses terhadap pendidikan," kata Onakoya, yang mendirikan pusat permainan catur di daerah kumuh Afrika pada 2018.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close