Jaguar Land Rover Siap Uji Prototipe SUV Berbahan Bakar Hidrogen

Jaguar Land Rover Katakan Merek Mewahnya Akan Sepenuhnya Menggunakan Listrik Pada 2025.

Ilustrasi Jaguar Land Rover. (Businesshala)

Nusantaratv.com - Jaguar Land Rover (JLR) akan mulai menguji prototipe SUV Land Rover Defender berbahan bakar hidrogen pada akhir tahun ini.

Mereka berencana memperluas pilihan mobil tanpa emisi, kata perusahaan itu, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (15/6/2021). Pada awal tahun ini, JLR, yang dimiliki oleh Tata Motors India mengatakan, merek mewahnya akan sepenuhnya menggunakan listrik pada 2025.

Sebagian besar industri otomotif memfokuskan upayanya pada pengembangan mobil listrik untuk memenuhi standar emisi yang ketat di Eropa dan China.

Tapi JLR adalah salah satu dari sejumlah kecil produsen mobil yang melihat potensi adopsi massal sel bahan bakar hidrogen. Mereka meyakini mobil berbahan bakar hidrogen memiliki peran yang penting di masa depan.

"Sel bahan bakar hidrogen memberikan kepadatan energi yang tinggi dan pengisian bahan bakar yang cepat, dan kehilangan jangkauan minimal pada suhu rendah, memungkinkan teknologi untuk beroperasi di kendaraan besar jarak jauh atau di lingkungan yang panas atau dingin," kata JLR.

"Land Rover berbahan bakar hidrogen akan diuji guna memverifikasi fitur-fitur utama seperti kemampuan off-road dan konsumsi bahan bakar," tambah perusahaan.

Selain menawarkan potensi emisi yang tidak berbahaya, sel bahan bakar hidrogen menawarkan jangkauan yang lebih luas dibandingkan mobil listrik. Tetapi saat ini hanya ada sedikit infrastruktur bahan bakar untuk mendukung adopsi teknologi secara massal.

Produsen mobil Jerman BMW dikabarkan sedang merencanakan SUV (Sport Utility Vehicle) berbahan bakar hidrogen seri terbatas pada 2022. Pada Desember lalu, produsen mobil asal Jepang Toyota Motor Corp meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen yakni Toyota Mirai guna mempromosikan teknologi nol-emisi di tengah permintaan kendaraan listrik yang berkembang pesat.

Di sisi lain, Honda Motor Co dan Hyundai Motor juga telah mengembangkan kendaraan dengan bahan bakar hidrogen.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK